Apa Yang Anda Ketahui Tentang Israel

0
1295

ISRAEL adalah salah satu wilayah yang sangat kontroversial, didirikan tanggal 14 Mei 1948 oleh David Ben Gurion dengan wilayah hanya 22.000 km2. Negara di Timur Tengah ini dikelilingi Laut Tengah di sebelah barat, Libanon dan Suriah di sebelah utara, Yordania di sebelah timur dan Mesir dan gurun pasir Sinai di selatan. Selain itu dikelilingi dua daerah Otoritas Nasional Palestina yaitu Jalur Gaza, Tepi Barat Sungai Yordan (West-bank), disingkat Tepi Barat. Adapun mata uang yang digunakan adalah Shekel, mata uang resmi yang berlaku juga di teritorial Tepi Barat.

Dilansir dari islampos.com wilayah dengan ibukota Yerusalem ini memiliki jumlah penduduk sekitar 7,5 juta jiwa, termasuk beberapa kelompok etnis minoritas lainnya, seperti Palestina, Arab Kristen, Arab Muslim, Druze, Samaria, Falasya, Cina, Jepang. Bahasa resmi yang dipakai adalah Ibrani modern dan Arab. Israel memiliki dua bandara internasional yaitu Ben Gurion di Tel Aviv dan Bandara Ovda di Eilat, selatan Israel. Dengan lagu kebangsaan Israel yang berjudul HATIKWA, berarti “Harapan.”

Banyak negara yang mempunyai hubungan diplomatik dengan Israel masih menempatkan perwakilan/kedutaan besar mereka di Tel Aviv yang dinilai sebagai ibu kota yang netral dari Israel. Selain itu juga untuk tidak menyinggung negara-negara Arab lainnya yang menuntut Yerusalem sebagai ibu kota wilayah Palestina, dimana ada Masjid Al-Aqsha. Masjid ini berada di samping Kubah Batu atau Kubah Ash-Shakhrah yang terletak di tengah-tengah di dalam tembok kompleks Al-Haram Asy-Syarif atau “tanah suci yang mulia.”

Kubah Ash-Sakhrah atau The Foundation Stone, yang bulat dan atasnya berwarna kuning karena dilapisi emas ini selesai dibangun oleh kalief Abd al-Malik dari Omajjaden, Damaskus 688 – 692, dan merupakan bangunan Islam tertua yang masih ada di dunia. Kubah dengan gua di bawahnya sebenarnya satu bangunan yang di dalamnya ada satu batu besar dan penting sekali untuk agama-agama Yahudi dan Islam. Dan Rasulullah memiliki sejarah tersendiri dengan masjid Al-Aqsha, karena di tempat inilah Nabi Muhammad berdiri ketika peristiwa Isra dan Mi’raj.

Tempat ini oleh umat Yahudi dan Kristen dikenal dengan sebutan Bait Suci, suatu tempat paling suci dalam agama Yahudi yang umumnya dipercaya merupakan tempat Bait Pertama dan Bait Kedua juga tempat dimana Abraham menyiapkan Ishak, putranya untuk dikurbankan Gen.22: 2, 10-12, 16-18.

Hubungan antara agama Kristen dan Yahudi, sangat baik, karena ajaran kedua agama ini ada sangkut pautnya. Yesus sendiri adalah seorang Yahudi.

Israel adalah satu republik demokrasi dengan sistem parlementer demokrasi dimana anggotanya universal dipilih. Presiden hanya mempunyai status simbolis seremonial.

Knesset adalah parlemen Israel. Pemilihan anggota parlemen dijadwalkan secara hukum setiap empat tahun sekali.

Lambang nasional Israel selama hampir 3000 tahun adalah Menora, lilin yang terdiri dari tujuh biji ranting zaitun di kedua sisinya dan tulisan Israel di tengahnya.

Bangsa Yahudi yang tinggal di Israel dapat digolongkan terdiri dari, Askenazi, mayoritas Yahudi yang berasal dari AS, negara-negara eropa timur, Rusia, Hongaria, Polandia, Ukraina, Sefardi, keturunan yahudi Spanyol, Portugis, Itali, Yunani, Bulgaria, dan yang terakhir Mizardi mayoritas penduduk Israel, kebanyakan keturunan imigran Yahudi dari Marokko, Iran, Irak, Jordania, Yaman, Suriah, Tunisia, Libya, dan negara-negara Arab lainnya.

Dari nama-nama yang dipakai, biasanya dapat diketahui asal mula seorang Yahudi. Nama-nama seperti Cohen, Polak, Levi, Meier, Perez adalah nama-nama yang dipakai oleh orang-orang Yahudi dari Israel kelahiran timur tengah sendiri, sedangkan yang dari Jerman, Hungaria, Austria atau Polandia dan Eropa timur lain banyak memakai nama-nama seperti Stone, Goldschmeding, Liebbermann, Rosenthal, Seagal, Weissmann, Grossmann, Pollack, Rosenbaum, Oppenheimer. Untuk orang-orang Yahudi kelahiran Rusia banyak memakai Moskowitz, Leibovitz, Abramowitz. Kemudian sekitar pertengahan tahun 90an banyak Yahudi kulit hitam yang berasal dari Ethiopia yang masuk ke negara ini. Mereka dinamakan Beta Israël atau Falasya.

Halacha atau Halakha, atau hukum-hukum agama Yahudi, berdasarkan kitab Taurat yang disahkan dalam literature Rabinat memberikan definisi orang Yahudi sebagai berikut:

  1. Seorang anak yang lahir dari ibu Yahudi dan ayah bukan yahudi SELALU dan otomatis Yahudi.
  2. Seorang anak yang lahir dari keluarga dimana kedua orang tuanya ayah dan ibunya Yahudi disebut Yahudi.
  3. Seorang anak yang lahir dari ayah Yahudi dan ibu dari bangsa lain, adalah Yahudi campuran ini termasuk kategori Yahudi liberal.
  4. Seorang yang memeluk agama Yahudi, tanpa dinilai suku, ras asal kelahirannya menurut hukum adalah seorang dan bangsa Yahudi.

ANGKATAN BERSENJATA

Nama resmi tentara pembela Israel adalah IDF (Israel Defence Forces), didirikan sejak 26 mei 1948. Sebelumnya adalah satu organisasi para militer Hagana yang bertujuan untuk melindungi orang-orang Yahudi di tanah Palestina dan pendatang Yahudi dari Eropa sesudah PD II dari serangan-serangan penduduk Arab di Palestina.

Angkatan bersenjata Israel terdiri dari angkatan darat, laut dan udara. Pangkat Jendral di Israel juga tidak banyak, karena ini adalah satu pangkat penghaargaan yang tinggi sekali dan diberikan kepada anggota militer yang benar-benar telah berjasa besar.

Di samping itu Israel mengenal korps para-militer khusus penjaga perbatasan dan dikenal sebagai Misjmar HaGvoel, The Israel Border Police. Anggota polisi elite kontra terorisme ini dinamakan Magavnikim. Di Nederland juga korps polisi elit seperti ini yang dikenal sebagai Koninklijke Marechaussee, biasanya terlihat di lapangan terbang dengan seragam biru tua.

Magavnikim ini dilengkapi dengan senjata mesin otomatis termodern M4A1, UZI (yang dipakai oleh angkatan bersenjata 90 negara di dunia ini), dan dikerahkan pada saat ada kerusuhan di Israel dan teritorial Palestina. Mereka dikenal sangat keras dalam mengambil tindakan, dan bilamana perlu diperkenankan menembak mati pengacau tanpa kompromi.

ANGKATAN bersenjata selanjutnya adalah Dinas keamanan Shin Bet (Sjeroet Bitachon Klali) – Israel Securities Agency adalah korps polisi khusus yang menjaga keamanan dari kedutaan. Selain itu anggota dinas yang berada di bawah pengawasan langsung Perdana Menteri, ditempatkan di kedutaan Israel di luar negeri.

De Mossad adalah dinas intelijen Israel yang sangat terkenal. Banyak anggota CIA dan M16 (Inggris) yang dikirim ke sini untuk dididik oleh Mossad. Dinas ini mempunyai reputasi sangat efisien dan praktis. Disiplin dan rasa nasionalisme sangat penting dan ditekankan sekali.

Negara ini mempunyai penduduk sekitar 7,5 juta, tetapi mempunyai tentara sekitar 380.000 dan 130.000 reservis wajib militer yang dilatih sebagai tentara sepenuhnya, dan menduduki tempat ke 10 “World’s 10 most powerful military countries”.

Selain itu Israel mampu menangkis serangan roket yang diarahkan ke negara ini dengan “roket anti raket” yang dinamakan Iron Dome, yang diproduksi oleh Rafael Advanced Defense Systems Ltd., atau lebih dikenal dengan nama Rafael.

Israel mengenal wajib militer, untuk semua warga negara Israel, baik untuk pria maupun wanita mulai usia 18 tahun – 45 tahun, termasuk orang-orang suku Circassir, Druze, Samaria. Kecuali mereka yang cacat atau tergolong kelompok Ultra ortodoks atau Yudaisme Haredi.

Wajib dinas militer untuk wanita dua tahun, untuk wanita anggota militer tempur tiga tahun, sedangkan untuk pria semuanya tiga tahun. Perwira berdinas empat tahun. Setiap tahunnya ada ulangan dinas beberapa bulan sampai mencapai usia 40 tahun.

Selain memiliki iron dome, Israel juga mampu meluncurkan satelit mata-mata sendiri seperti AS, Rusia, China, India, Perancis, Jepang, Inggris. Diperkirakan juga Israel sudah mampu memproduksi roket jarak jauh yang dapat mencapai Iran (dinilai sebagai pengancam potensial) yang dikendalikan oleh tenaga laser. Selain itu dipastikan negara ke enam di dunia yang mempunyai bom atom, meski hal ini secara resmi disangkal.

Di bidang pertanian Israël adalah termasuk negara yang tertinggi dalam penerapan high-tech pertanian antara petani-petani dan ahli-ahli penelitian. Hampir semua tanah pertanian dahulunya terdiri dari tanah kering dan gurun padang pasir, terutama di sekitar Negev.

Kiwi, semangka (pelbagai melon), tomat, ketimun, lombok, alpukat, kurma, buah delima, mangga, jeruk, nanas adalah produk pertanian yang diekspor dan dikenal dengan merek Carmel. Israel mengimpor gula, kopi, beras, gandum, teh.

Di bidang peternakan, sapi-sapi perasan Israel adalah juara dunia dalam produksi susu, dengan produksi rata-rata sekitar 10.000 liter susu setiap sapi, tiap tahunnya. Semua ini dimungkinkan dari riset biotehnik industri peternakan.

Adapun nama-nama ilmuwan ini adalah bangsa Yahudi, seperti Waksman, S.A. yang menemukan streptomycin, antibiotika untuk tuberculose (tbc), K. Landsteiner, penemu grup darah manusia. M.S. Brown dan J.L.Goldstein yang menemukan regulasi dari cholesterol metabolisme. Werner Karl Heisenberg, seorang Yahudi Jerman penemu teori kwantum mekanika. Milton Friedman, ekonom penemu teori moneterisme. Daniel Shechtman, yang menemukan teori Struktur quasi-kristallen dalam bidang atom. Semuanya adalah pemenang hadiah Nobel. Albert Einstein, Henry Kissinger, Alan Greenspan, Ben Bernanke (chairman FED.US) , Kirk Douglas, Tony Curtis, Barbara Streissand, Elisabeth Taylor, Steven Seagal, Neil Diamond, Bob Dylan, Harrison Ford, Sammy Davis Jr. juga orang-orang Yahudi.

Prinsip Israel adalah siapapun yang memeluk agama Yahudi adalah juga bangsa Yahudi dan otomatis berhak tinggal di Israel. Itulah sebabnya di Isreal banyak penduduk beraneka warna, termasuk orang-orang Yahudi yang berasal dari Jepang, Korea, dan Kaifeng, bangsa Yahudi China.

Semua rumah sakit dilengkapi dengan alat-alat ultra modern yang disumbangkan dari Eropa, AS, terutama kepada yayasan karitas Kristen di daerah yang dibawah pengawasan otoritas Palestina.

Menurut ranking hasil penelitian “ the happiest countries in the world”, dari First World Happiness Report Launched of the United Nations, Israel menduduki tempat ke 6 didunia dimana rakyatnya yang paling bahagia.

Israel dengan penduduk sekitar 7 juta orang, mempunyai lebih kurang 34.000 dokter, termasuk dokter-dokter spesialis, 10.000 dokter gigi dan 6500 apoteker. Sekitar 70% dari 55.000 perawat tercatat resmi, selebihnya masih dalam pendidikan di bawah pengawasan.

Tiga faktor dasar penting di Israel adalah Kesehatan rakyat – Jaminan Sosial -Pendidikan dan riset/penelitian yang diberi prioritas tinggi sekali oleh pemerintah. Dalam bidang pendidikan, semua alat-alat komunikasi dipakai sebanyak mungkin. School television adalah salah satu alat media dari Kementerian Pendidikan untuk menyiarkan program pendidikan.

Sepuluh jam sehari, televisi dipakai untuk tujuan pendidikan. Selain itu TV sekolah ini juga bekerja sama dengan universitas secara professional untuk segala usia, mulai dari anak-anak sampai ke senior yang masih ingin belajar. Hampir sebagian besar dari programa TV harian mengarah ke bidang pendidikan, baru kemudian warta berita dan hiburan seperti musik, film, kebudayaan dll.

Beberapa Universitas yang terkenal adalah : Tel Aviv University (Tel Aviv), University of Haifa (Haifa), Bar-Ilan University (Ramat-Gan), Ben Goerion University (Beer-Sheva), Technion – IIT (Haifa), Hebreeuw University (Jerusalem), Weizmann Institute (Rechovot).

Dalam bidang teknologi, Israel adalah nomor satu dalam bidang produksi drones, pesawat mata-mata yang tidak berawak kapal. Pesawat ini banyak dipakai oleh angkatan bersenjata AS. Juga simulator pesawat terbang dan industri tehnologi aeronautik, sistim komputer untuk angkatan bersenjata, dan persenjataan modern, peranan negara ini penting, karena di ekspor ke lebih dari 90 negara didunia. UZI adalah senjata mesin buatan Israel yang banyak terkenal, karena tidak pernah macet, sekalipun basah kemasukan air.

ENERGY RESEARCH & DEVELOPMENT

Karena Israel sangat miskin akan bahan baku, terutama minyak, maka terpaksa harus mencari alternatif untuk kebutuhan harian. Dalam bidang konservasi air dan penggunaan energi panas bumi serta solar energi, Israel menduduki tingkat pertama di dunia. Hal ini memungkinkan karena setiap hari matahari setidaknya bersinar selama 6-8 jam. Keuntungan lain dari bahan-bahan alam ini adalah bersih dan murah, sehingga juga tidak menyebabkan polusi, karena polusi adalah faktor yang membahayakan industri pertanian dan perkebunan yang sebagian besar diekspor, jadi harus betul-betul bersih hasilnya.

Di samping teknologi-teknologi piranti lunak, komunikasi, dan sains di Silicon Wadi yang diperkembangkan pemerintah dengan prioritas yang tinggi. Lebih dari 90% rumah penduduk Israel menggunakan tenaga matahari untuk pengadaan air panas dan merupakan penggunaan per kapita yang tertinggi di dunia.

Parabola matahari terbesar di dunia ada di Pusat Energi Solar Nasional Ben-Gurion di gurun Negev. Perpustakaan Universitas Nasional Yahudi mempunyai koleksi simpanan buku-buku bertopik Yahudi terbesar di dunia yang disimpan di Universitas Ibrani Yerusalem yang menduduki ranking 100 besar universitas yang ternama didunia. Israel menduduki tempat ketiga di dunia dalam hal jumlah sarjana akademik per kapita (20% populasi). Israel adalah negara pertama di bidang jumlah artikel riset ilmiah sejak tahun 2000.

Sistem hukum Israel berdasar “Stare Decisis”, Apa yang telah diputuskan hakim di masa lampau tetap berlaku di masa depan. Ini adalah sistim hukum kombinasi antara hukum umum Inggris, hukum sipil, dan hukum Yahudi (Halakha) dengan menggunakan prinsip adversarial. Kedua pihak baik penuntut dan terdakwa (atau yang dituntut), harus membawa bukti-bukti di hadapan pengadilan. Hukuman diputuskan oleh hakim tidak berpihak dan bukan oleh sekelompok hakim seperti di AS.

Sampai sekarang Indonesia belum mengakui kedaulatan Israel. Mantan presiden RI, Gus Dur alias Abdurrahman Wahid pernah berniat mengakui kedaulatan Israel dan membuka hubungan diplomatik, namun akhirnya tidak dilaksanakan. Meski antara Indonesia dan Israel secara resmi tidak ada hubungan diplomatik, tetapi di balik layar ada perdagangan (gelap) antara kedua negeri ini melewati Singapura yang mempunyai hubungan diplomatik dengan Israel, dan juga di bidang militer (secara tidak langsung) ada kerja sama antara Israel dan Indonesia.

 

LEAVE A REPLY