Walikota Pairin Serahkan Bantuan Alat Pertanian Demi Genjot Produksi Padi 2016

0
663

RUBRIK, METRO – Walikota Metro Achmad Pairin menyerahkan bantuan alat pertanian kepada kelompok tani di halaman Dinas Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan Kota Metro, Senin (29/2/2016). Bantuan alat pertanian tersebut berupa dua unit mesin tanam (transplanter), 13 unit mesin pompa, dan 12 unit hand traktor.

Kepala Dinas Pertanian Perikanan dan Kehutanan Kota Metro Yeri Ehwan mengatakan, bantuan tersebut diberikan kepada 27 orang perwakilan kelompok tani yang ada di wilayah Metro.

“Permasalahan dalam pertanian di Kota Metro adalah masalah air dan tenaga kerja pertanian. Dengan adanya penyerahan alat mesin pertanian (alsintan) kepada kelompok tani ini diharapkan dapat mendorong para petani mempercepat dan meningkatkan produksi dan produktivitas pertanian di Kota Metro,” ujar Yeri dalam sambutannya.

Walikota Metro Achmad Pairin pun sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada seluruh stakeholder yang telah berupaya keras memajukan sektor pertanian di Kota Metro demi mewujudkan swasembada pangan tahun 2016.

“Mudah-mudahan dengan adanya bantuan tersebut dapat membantu para kelompok tani agar dapat bekerja lebih baik, lebih efisien, dapat meningkatkan produktivitas kerja, dan dapat membantu permasalahan yang ada,” katanya.

“Saya juga berharap kelompok tani dapat menggunakan dan memanfaatkan alat-alat pertanian ini dengan sabaik-baiknya dalam rangka percepatan tanam serta penambahan indeks pertanaman guna meningkatkan produksi dan produktivitas tanaman padi,” harap walikota yang dilantik 17 Februari lalu.

Sementara itu, Asisten 2 Bidang Perekonomian dan Pembangunan Khaidarmansyah menambahkan bahwa penyerahan alat mesin pertanian juga untuk mewujudkan salah satu program provinsi yakni membangun sektor pertanian untuk percepatan tanam demi mewujudkan kesejahteraan rakyat.

Berdasarkan komitmen Gubernur Lampung Ridho Ficardo, seluruh daerah harus meningkatkan produksi padi sebesar 1 juta ton gabah kering giling pada 2016. “Untuk itu Pemerintah Kota Metro berupaya keras dengan memaksimalkan berbagai kegiatan usaha untuk mewujudkan pencapaian sasaran produksi padi sebesar 27.220 ton GKG tahun 2016,” terangnya.

Penyerahan bantuan alat pertanian juga dihadiri Kepala Kantor Ketahanan Pangan Kota Metro Imron, Kepala Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan Kota Metro Megawati Karim, dan Kelompok Tani se-Kota Metro.(*)

LEAVE A REPLY