Walikota dan Wakil Kompak Resmikan Kampung KB di Metro Pusat

0
1107

RUBRIK, METRO – Walikota Metro Achmad Pairin dan Wakil Walikota Metro Djohan bersama Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Lampung Paulina menghadiri Pencanangan Kampung Keluarga Berencana (KB) Kota Metro di Jl Diponegoro, Gg Keluarga Berencana, RT 37 RW 09, Kelurahan Hadimulyo Barat, Metro Pusat, Selasa (22/3/2016).

Turut hadir dalam acara itu jajaran adiri Forkompimda Kota Metro, Sekretaris Kota Metro Ishak, Staf Ahli Walikota Metro, para asisten, Kepala BKKB-PP Kota Metro Erla Andrianti, kepala satuan kerja di lingkungan Pemerintah Kota Metro, Tim Penggerak PKK, serta Camat dan Lurah se-Kota Metro.

Kepala BKKB-PP Kota Metro Erla Andrianti mengatakan, Kampung KB dibentuk untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung melalui program kependudukan, keluarga berencana, dan pembangunan keluarga untuk keluarga kecil berkualitas.

Selain itu untuk meningkatkan peran pemerintah daerah, lembaga nonpemerintah dan swasta, meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pembangunan berwawasan kependudukan, meningkatkan jumlah peserta KB aktif, meningkatkan ketahanan keluarga, meningkatkan pemberdayaan keluarga, menurunkan angka KDRT, serta meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

“Kampung KB juga diharapkan mampu meningkatkan rata-rata lama sekolah penduduk usia sekolah, meningkatkan sarana dana prasarana pembangunan, dan meningkatkan sanitasi dan lingkungan kampung sehat dan bersih,” jelasnya.

Adapun sasaran dalam pencanangannya, ujar Erla, adalah keluarga baik pada keluarga dengan balita, keluarga dengan remaja, dan keluarga dengan lansia. Sasaran berikutnya adalah remaja, pasangan usia subur, penduduk lanjut usia.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Lampung Paulina menerangkan bahwa besarnya jumlah penduduk saat ini adalah merupakan isu yang harus disikapi bersama, mengingat apabila laju pertumbuhan penduduk tidak dapat dikendalikan dan kualitas penduduk rendah maka akan sulit melakukan upaya pengentasan kemiskinan dan akan berdampak pada banyaknya gejolak sosial/kesenjangan sosial di masyarakat.

“Saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas terlaksananya pencanangan kambung KB tersebut. Diharapkan kegiatan ini dapat membangun SDM secara sadar dan tanggung jawab untuk mengentaskan kemiskinan. Dan saya juga mengharapkan kepada Pemerintah Kota Metro beserta SKPD terkait dan seluruh lapisan masyarakat dapat memberikan dukungan terhadap Kampung KB dengan program KB yang dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” kata Paulina.

Sementara Walikota Metro Achmad Pairin mengajak seluruh masyarakat dan stakeholder terkait untuk bersama-sama mensukseskan program KB. “Caranya dengan berpedoman pada NKKBS (Norma Keluarga Kecil Bahagia Sejahtera) 2 Anak Cukup! Untuk hidup lebih baik dimasa mendatang,” kata Pairin.

Pairin juga menambahkan bahwa dalam pelaksanaan program kependudukan dan pembangunan keluarga berencana Kota ametro selama ini telah berjalan cukup baik. Hal ini dapat dilihat dengan pelaksaan berbagai kegiatan advokasi, Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) serta pelayanan KB.(*)

LEAVE A REPLY