Terkait Usulan Penambahan Dinas, Ini Solusi yang Ditawarkan DPRD untuk Pemkot Metro

0
612
Anggota Pansus DPRD Kota Metro Nasrianto

RUBRIK, METRO – Ketua Pansus SOTK DPRD Kota Metro Nasrianto Effendi mengatakan, dalam konsultasi bersama Kemendagri, pemerintah pusat menyatakan bahwa raperda usulan SOTK Pemerintah Kota Metro tidak mencerminkan miskin struktur kaya fungsi yang diamantkan PP No 18 tahun 2016 tentang Perangkat Daerah.

Selain itu, dinas atau badan tipe C pun bisa digabungkan menjadi tipe B. sedangkan tipe B juga bisa digabungkan menjadi tipe A. “Seperti Dinas Sosial digabungkan dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Lingkungan Hidup juga bisa digabungkan dengan rumpunnya ke Dinas Pertanian atau Dinas PU,” jelasnya, Sabtu (9/10/2016).

Nasrianto pun menampik kekhawatiran eksekutif jika penggabungan dilakukan tidak akan mendapatkan anggaran pun tidak benar. Terlebih nama dinas itu sendiri merupakan nama kementerian di pemerintah pusat.

“Walaupun digabung bisa kok menarik anggaran dari pemerintah pusat. Yang penting ada kegiatannya dalam dinas itu. Apalagi ada bidangnnya yang akan melaksanakannya,” tambanya.

Ia menegaskan, DPRD tidak akan menyetujui komposisi susunan organisasi yang diusulkan pihak eksekutif. “Kami sepakat maksimal menjadi 15 dinas, itupun tetap menanggung risiko. Tidak ada teorinya menambah dinas malah makin irit,” tukasnya.(*)

LEAVE A REPLY