Ratusan Massa Adang Polisi Pengamanan PT GAJ, Tiga Mobil Petugas Rusak

0
103
Tangkapan layar warga melempari petugas dengan batu saat pengamanan lokasi pembakaran aset PT Gunung Aji Kaya (GAJ), Kecamatan Pubian, Lampung Tengah, Senin (21/11/2022), sekitar Pukul 16.30 WIB.

Rubrimedia.com, Lamteng – Ratusan massa yang dibekali sejumlah senjata tajam, batu, dan kayu mengadang mobil patroli petugas saat pengamanan lokasi pembakaran aset PT Gunung Aji Kaya (GAJ), Senin (21/11/2022), sekitar Pukul 16.30 WIB.

Massa melempari mobil petugas dan dibalas dengan tembakan peringatan ke udara untuk memecah konsentrasi massa. Akibat insiden tersebut, sedikitnya tiga unit mobil patroli polisi mengalami kerusakan dengan kondisi kaca pecah dan kerusakan di bagian bodi mobil.

Kapolres Lampung Tengah, AKBP Doffie Fahlevi Sanjaya menyebut tim petugas gabungan pengamanan PT GAJ diadang saat melaksanakan patroli ke arah Pubian oleh sekitar 100 orang lebihy ang berasal dari lima kampung, yakni Kampung Gunung Aji, Gunung Raya, Negri Ratu dan Negeri Kepayungan Kecamatan Pubian dan Kampung Kuripan Kecamatan Padang Ratu, Kabupaten Lampung Tengah.

“Sekelompok massa berteriak teriak mengundang warga lainya, sehingga memicu amarah dan menimbulkan kericuhan,” katanya.

IMG_20221122_123403

Petugas gabungan berhasil mengamankan delapan pelaku yang diduga terlibat dalam aksi penyerangan terhadap mobil petugas. Selain itu petugas juga berhasil menyita satu senjata tajam jenis tombak, golok, dan badik.

“Jedelapan pelaku sedang dilakukan pemeriksaan di Polres Lampung Tengah untuk pengembangan lebihlanjut, ” jelasnya.

Petugas gabungan juga, berhasil mengamankan 15 unit kendaraan roda dua yang ditinggal lari pemiliknya untuk menghindari kejaran petugas.

Kapolres mengatakan, pasukan yang tadi diadang merupakan pasukan gabungan dari TNI, Polda Lampung, Satpol PP, serta Polres Lampung Tengah yang melibatkan enam polsek di sekitar TKP.

“Pasukan yang siaga di lokasi saat ini berjumlah 200 personel,” ujar Kapolres.

Kapolres mengatakan delapan orang diduga kuat massa yang melakukan tindakan anarkis terhadap bangunan PT GAJ. “Saat ini, personel pengaman dibagi menjadi dua titik, yakni di wilayah Pubian (Lokasi PT. GAJ) dan di Polsek Padang Ratu. Situasi sudah kondusif,  petugas standby masih berjaga di sekitar TKP, ” pungkasnya. (*)

LEAVE A REPLY