Pemahaman Ini Bisa Tangkal Sifat Riya di Bulan Ramadan

0
2803
Ilustrasi

Rubrikmedia.com, Lifestyle – Riya adalah perbuatan dengan sengaja memperlihatkan atau mempertunjukkan amal kebaikan atau ibadah agar dilihat orang lain. Tujuannya adalah mendapat simpati atau pujian orang lain. Tindakan ini akan menghilangkan pahala yang telah diperoleh.

Untuk menghindari sifat riya di bulan Ramadan ini, gampang-gampang susah. Salah satunya adalah tidak mengunggah foto diri yang sedang melakukan ibadah, entah itu tengah salat tarawih atau lainnya, ke media sosial.

Kebiasaan selfie atau mengabadikan momen saat beribadah sebaiknya dihindari, karena itu dikhawatirkan dapat menumbuhkan bibit penyakit riya di dalam hati.

Seyogianya, kebaikan-kebaikan yang kita lakukan itu disimpan dengan rapi, serapi menyimpan aib-aib kita.

Bila diketahui bahwa sifat riya dapat menggugurkan pahala dan merusak amal, maka harus ada usaha serius untuk mengenyahkan penyakit hati itu karena dapat mendatangkan kemurkaan Allah.

Mengobati penyakit riya dapat ditangkal dengan adanya pemahaman yang benar. Bahwasannya mengkokohkan tauhid kepada pencipta akan menjadi pondasi hati yang lemah.

Setan memang selalu menghiasi ibadahnya di hadapan mereka dan menjadikannya takut dicela dan ingin disanjung.

Jika telah memurnikan tauhid maka ia akan mencampakkan dan menghilangkan kecondongan terhadap pandangan manusia. Dia akan taat kepada Allah seolah-olah ia melihatNya, Allah pasti akan melihatnya. Dengan demikian sifat riya, insya Allah akan lenyap dari dirinya. (*)

LEAVE A REPLY