Naik Motor Pakai Peci, Dilarang Satlantas Metro

0
1158

METRO – Polres Metro melalui Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Metro menggelar kegiatan dengan sandi Ops Krakatau 2019. Dalam Ops Krakatau ini, digelar berbagi Tajil (Hidangan berbuka) oleh Satlantas Metro, kepada pengendara di pusat keramaian jalan, Kota Metro.

Kasatlantas Polres Metro, AKP M. Kasyifi Mahardika menjelaskan, bagi pengendara yang diberikan Tajil adalah mereka yang lengkap dalam berkendara.

“Ini kita melaksanakan kegiatan ops krakatau. Kita memberikan tajil ke pengendara yang kendaraanya lengkap, semisal menggunakan spion jika motor, dan jika mobil menggunakan seatbelt,” katanya, Selasa (14/5).

Menurutnya pada kegiatan pembagian Tajil ini merupakan sosialisasi dan himbauan kepada pengendara agar berkendara sesuai aturan.

“Pada saat momen kegiatan hari ini, kita hanya pembagian tajil dan sosialisasi. Untuk peneguran tidak ada,” katanya kepada awak media.

Ketika ditanya. Mengingat ini bulan ramadhan, bolehkah berkendara motor menggunakan peci meski hendak beribadah? Kasatlantas melarang hal tersebut. Menurut Kasatlantas, peci bukanlah alat keselamatan saat berkendara.

“Tetep salah. Karena peci bukan alat pengaman kendaraan atau keamanan diri sendiri. Wajib menggunakan helm bukan peci,” katanya.

Dalam berbagi Tajil tersebut dibagikan sekitar 150 paket untuk pengendara, hal tersebut akan dilakukan selama kegiatan operasi krakatau digelar terus.

Arif salah satu pengendara roda empat mengaku senang, mendapat himbauan dari Satlantas Polres Metro tersebut. “Tentu saya senang ya ada sosialisasi begini, karena keselamatan berkendara itu sangat penting,” jelasnya ketika berhenti saat lampu sedang merah. (yusuf)

LEAVE A REPLY