LAMTIM PERINGATI HARI MENANAM 1000 POHON

0
917

LAMTIM PERINGATI HMPI_3RUBRIKMEDIA.Pemerintah Kabupaten Lampung Timur melalui Dinas Perkebunan dan Kehutanan memperingati Puncak Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional (BMN) di Danau Kemuning Desa Sribawono Kecamatan Bandar Sribawono, Selasa (1/12). Dengan slogan “Ayo Kerja, Tanam dan Pelihara Pohon untuk Hidup yang Lebih Baik”.

Danau kemuning merupakan salah satu Obyek wisata yang dimiliki oleh Pemeritah Kabupaten Lampung Timur. Selain sebagai obyek wisata, Danau Kemuning ini memiliki  fungsi  sebagai PDAM Way Guruh dan irigrasi.

Tempat yang asri dan memiliki lahan Yang luas maka sesuai dengan slogan, Danau Kemuning di jadikan tempat / pilihan oleh pemerintah melalui Dinas Perkebunan dan Kehutanan bersama dengan warga setempat melaksanakan gerakan menanam pohon.

LAMTIM PERINGATI HMPI_1Dalam sambutannya Kepala Dinas Perkebunan dan Kehutanan DR. David Ariswandy, MM. menyampaikan beberapa keberhasilan yang telah dicapai oleh Kabupaten Lampung Timur yaitu tahun 2011 meraih terbaik pertama, Tahun 2012 terbaik kedua dan  tahun 2013 serta 2014 meraih terbaik pertama pada lomba penanaman pohon  tingkat provinsi lampung.

“hal ini menunjukan bahwa Pemerintah Kabupaten Lampung Timur secara sungguh sungguh selalu berbuat yang terbaik bagi Sumber Daya Alam dan Hutannya, dan keberhasilan ini merupakan hasil kerja bersama seluruh Masyarakat Lampung Timur dan jajaran Pemerintah Daerah” tegas David Ariswandy.

selanjutnya, Asisten II Junaidi, SE.MM. mewakili Pj. Bupati Lampung Timur mengatakan Penghijauan adalah salah satu kegiatan penting yang harus dilaksanakan secara konseptual dalam menangani krisis lingkungan maka dari itu menanam pohon merupakan salah satu bentuk kepedulian dan tanggung jawab kita bersama.
“Saat ini bumi sedang mengalami masalah yang sangat berbahaya bagi kehidupan manusia di bumi, untuk itu Saya mengajak kepada seluruh masyarakat ikut serta dalam membangun ekosistem hutan, menjaga kelestarian dan keanekaragaman hayati guna meningkatkan kualitas lingkungan yang lebih baik” kata Junaidi

Mengakhiri sambutanya Junaidi mengucapkan terimaksih kepada segenap panitia dan masyarakat yang telah membantu dan mendukung atas terselenggaranya acara dalam memperingati Puncak Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional (BMN) di Danau Kemuning Kecamatan Bandar Sribawono Kabupaten Lampung Timur.

Acara diteruskan dengan penyerahan bibit pohon kemudian pelepasan burung dan tak kalah menarik adalah pembagian doorprize, lalu dilanjutkan dengan acara puncak penanaman pohon, turut serta Ketua TP PKK Kabupaten Lampung Timur Ibu Rinawati, S.Pd. MM. beserta Ketua Dharma Wanita dan dibantu oleh kelompok tani serta masyarakat yang hadir dalam acara tersebut melakukan penanaman pohon dibeberapa tempat di lokasi Danau Kemuning.

Selain dihadiri oleh Asiten II Junaidi, SE.MM. juga turut hadir Forkompimda Kabupaten Lampung Timur, Ketua TP PKK, Ketua Dharma Wanita, Kepala Dinas Provinsi Lampung, Kepala UPT Kementrian Kehutanan, Kepala Dinas/Badan/ Bagian/ Kantor Camat se Kabupaten Lampung Timur besrta Organisasi masyarakat, Pemuda dan Kelompok Tani.

Untuk diketahui bahwa manfaat hutan Sebagai suplyer Oksigen yang merupakan bahan baku utama untuk pernafasan manusia, Sebagai pencegah banjir, Sebagai penyejuk alam dan Sebagai paru-paru dunia. Semoga melalui gotong royong dalam gerakan penanaman dan pemeliharaan pohon serta penyelematan puspa dan satwa akan mewujudkan kesejahteraan bersama. (ATH)

LEAVE A REPLY