KPP Pratama Metro Tanda Tangani Piagam Wilayah Bebas Korupsi

0
638
Agus purnomo, Wakil Walikota Johan, KPP Metro
Penandatanganan Piagam Zona Bebas Korupsi di Kantor Pelayanan Pajak Kota Metro

RUBRIK, METRO – Bentuk komitmen Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Metro dalam mewujudkan pemerintahan yang bersih dan bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN), telah dilakukan deklarasi dan penandatanganan Piagam Pencanangan Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK).

Pembangunan Zona Integritas sebagai tindak lanjut dari proses Reformasi Birokrasi diatur dalam Peraturan Menteri PANRB Nomor 52 Tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Acara yang berlangsung di aula lantai IV KPP Pratama Metro, Kamis (22/3/2018), turut dihadiri Walikota Metro yang diwakili oleh Djohan, Forkopimda Kota Metro, pimpinan instansi vertikal, perbankan, dan Universitas Muhammadiyah Metro serta para stakeholder.

Kepala KPP Pratama Metro, Agus Pramono mengatakan, deklarasi bebas korupsi ini bukan hanya kewajiban dari Direktorat Jenderal Pajak (DJP) melainkan seluruh instansi pemerintah harus ikut melaksanakannya.

“Ini sebenarnya tidak hanya untuk DJP, tapi seluruh instansi pemerintah harus melaksanakan,” ujarnya saat diwawancarai awak media seusai acara.

KPP Pratama Metro adalah salah satu wakil kantor wilayah (kanwil) untuk diupayakan mendapatkan predikat wilayah bebas korupsi untuk tahun 2018.

“DJP memilih 40 kantor termasuk KPP Pratama Metro untuk dikategorikan memiliki predikat wilayah bebas korupsi,” lanjutnya.

Untuk mewujudkan hal itu, KPP memiliki dua pengawasan baik internal maupun eksternal.

“Pengawasan bisa internal dan eksternal, dari internal kami ada Direktorat Kepatuhan Internal yang setiap saat memantau kami dan dari eksternal ada BPK,” sambungnya.

Agus mengharapkan, deklarasi ini sebagai informasi kepada masyarakat untuk bisa ikut membantu mengawasi jika terjadi KKN agar segera melaporkannya.

“Harapannya kepada masyarakat jika ada pegawai kami yang melakukan KKN ini diharapkan masyarakat bisa melaporkan kepada kami,” ucapnya.(Tito)

LEAVE A REPLY