Ketua TP PKK Lampung Tengah Dukung Gerakan Cuci Tangan Pakai Sabun dan Stop Buang Air Besar Sembarangan

0
799
Pelepasan balon oleh Ketua Pembina PKK Lampung Tengah Hj.Nessy Kalvia Mustafa.

RUBRIK, LAMPUNG TENGAH – Ketua Tim Penggerak PKK Lampung Tengah Hj Nessy Kalvia Mustafa membuka kegiatan Perkemahan Saka Bakthi Husada ke-13 tahun 2016, Gerakan Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia, Deklarasi Stop Buang Air Besar Sembarangan, dan juga pemantapan gerakan-gerakan PKK-KB-Kesehatan Kabupaten Lampung Tengah di Kampung Rama Klandungan, Kecamatan Seputih Raman, Lampung Tengah, Jumat (14/10/2016).

Ketua Pembina PKK Nesi Kalvia Mustafa secara simbolis menandai pembangunan
Ketua Pembina PKK Nesi Kalvia Mustafa secara simbolis menandai pembangunan

Pembukaan rangkaian kegiatan tersebut ditandai dengan pelepasan burung merpati oleh Hj Nessy Kalvia Mustafa bersama para SKPD dan pengurus Pramuka Kabupaten Lampung Tengah serta pemotongan pita tentang Pencanangan Stop Buang Air Besar Sembarangan.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, jajaran pengurus PKK Lampung Tengah, Kepala Dinas Kesehatan dr Hasril Syahdu, Kepala Dinas Pendidikan Sarjito, Wakil Ketua DPRD Lampung Tengah Joni Hardito, Asisten III Pemkab Lamteng Umi Kulsum, para pengurus Gerakan Pramuka Lampung Tengah, dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Kesehatan Lampung Tengah dr Hasril Syahdu menjelaskan tujuan diadakannya kegiatan ini untuk menumbuhkan dan memberikan program kreatif, produktif, edukatif, dan inovatif yang dikemas dalam kegiatan Pramuka yang bermanfaat bagi para siswa.

Sementara itu Nessy Mustafa meminta agar Tim Penggerak PKK di tingkat kampung untuk lebih aktif dalam hal tersebut, karena PPK merupakan ujung tombak penggerak semua unsur dari tingkat kampung sampai kabupaten.

Dalam kesempatan tersebut juga dideklasikan pencanangan kegiatan stop buang air besar sembarangan, Oven Defecation Free (ODF) yang dideklarasikan oleh para kepala kampung yang ada di Kecamatan Seputihraman serta pembacaan ikrar dukungan oleh forkopicam dalam hal dukungan terhadap pencanangan gerakan tersebut.

Selain itu peresmian Kampung Rama Klandungan sebagai kampung bebas buang air besar sembarangan oleh Bupati Lampung Tengah yang dalam hal ini diwakilkan oleh Asisten III Umi Kalsum.

Nessy Mustafa menjelaskan, rangkaian kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan peran serta PKK untuk mensukseskan gerakan peningkatan kesehatan, perilaku hidup sehat di masyarakat serta sdasa wisma. Sedangkan dukungan hari cuci tangan pakai sabun sedunia untuk lebih membiasakan masyarakat dan keluarga untuk mencuci tangan pakai sabun setiap harinya.

Cuci tangam bersama Tim Penggerak PKK Lampung Tengah
Cuci tangam bersama Tim Penggerak PKK Lampung Tengah.

Dalam kesempatan itu, Nessy Mustafa memberikan contoh kepada masyarakat agar terbiasa mencuci tangan menggunakan sabun setiap kali sehabis beraktivitas sekaligus melakukan peletakan batu pertama pemasangan bantuan bowel yang diberikan kepada warga Kampung Rama Klandungan.

Rangkaian kegitan dilanjutkan dengan pemberian sertifikat kepada para kepala kampung se- Kkecamatan Seputih Raman atas dukungan pencanangan gerakan bebas buang air besar di sembarang tempat dan penyerahan secara simbolis bantuan dari dinas kesehatan kepada para warga masyarakat terkait gerakan tersebut

Kepala Dinas Kesehatan Lampung Tengah dr Hasril Syahdu menjelaskan, pihaknya memberikan batuan berupa 37 bowel dan 76 buah spa, serta tempat cuci tangan sebanyak 100 buah. Dia berharap, dengan bantuan ini masyarakat dapat lebih berperilaku hidup sehat dan tidak defecati di sembarang tempat.(*/advertorial)

 

LEAVE A REPLY