Dua Belas Anggota DRD Lamteng Dikukuhkan

0
701
DRD Lamteng, Loekman Djoyoaoemarto
Pengukuhan anggota DRD Lamteng

RUBRIK,LAMTENG – Sebanyak 12 orang anggota Dewan Riset Daerah kabupaten Lampung Tengah resmi di kukuhkan oleh Wakil Bupati Lampung Tengah Loekman Djoyosoemarto.bertempat di Aula pertemuan lantai 4 Kantor Pemda Lampung Tengah, kamis( 28/6/18).

Dalam sambutannya  Loekman mengatakan bahwa DRD berperan mendorong OPD membuat terobosan-terobosan baru yang bermanfaat untuk masyarakat. “Seluruh OPD harus bersinergi dengan DRD dalam membuat konsep pelayanan yang baik dan nyaman bagi masyarakat. Komunikasikan dengan DRD terkait persolan-persoalan yang sulit dipecahkan. DRD yang baru dikukuhkan juga harus menjalin komunikasi dengan DRD sebelumnya agar hasil lama tak terputus,” katanya.

Berbagai kebijakan untuk pembangunan yang menyangkut kebutuhan masyarakat, kata Loekman , DRD harus bisa dirumuskan. “DRD harus bisa merumuskan berbagai kebijakan yang menyangkut pembangunan di Lamteng. Intinya, DRD merupakan pemikir untuk kemajuan Lamteng,” ujarnya.

Semakin hari, kata Loekman, kewenangan kabupaten/kota banyak dikurangi. “Kian hari kewenangan kabupaten/kota dikurangi. Kewenangannya ditarik pusat dan provinsi. Ini memang perlu dikaji sama-sama. Apalagi, kita tak berkenan memberikan masukan,” ungkapnya.

Kebijakan pusat dan provinsi, kata Loekman, perlu dikoreksi apakah pengawasannya bisa lebih baik jika kewenangan ditarik. “Kebijakan pusat dan provinsi harus dikoreksi. Hal ini karena seharusnya kebijakan didasari kemudahan dalam pelaksanaannya. Jangan justru mempersulit, Kita bentuknya Dewan Riset Daerah (DRD) untuk mendorong Oraganisasi perangkat Daerah membuat terobosan terobosan baru yang bermanfaat untuk masyarakat ,dengan membuat konsep pelayanan yang baik dan nyaman untuk masyarakat. Semoga Kerja sama Dewan Riset dengan Bupati akan menjadikan Kabupaten kita semakin baik demi kepentingan Rakyat “, Lanjut Loekman

Di kesempatan yang sama Kepala Balitbang Lampung Tengah Nyoman suryana mengatakan, Terbentuknya Dewan Riset Daerah (DRD) Tujuannya meningkatkan kordinasi maupun konsultasi kebijakan publik yang nantinya akan di ajukan ke pimpinan. Sehingga masing-masing dewan riset memiliki tugas.

“Nantinya itu akan ada pembagian tugas masing Dewan riset. Dan Dewan Riset melakukan konsultasi masing masing OPD, sehingga terbentuk satu sistem pemerintahan yang baik”, terangnya .

Sementara Ketua Dewan Riset Daerah terpilih, Ansori Djausal mengatakan,masih banyak yang belum paham terkait Dewan riset ini, namun dewan reset ini dibentuk sesuai dengan aturan yang ada. Nantinya dewan riset langsung  memberikan rekomendasi nya kepada Bupati dalam menghadapi persoalan yang ada di Lampung Tengah.

” Belum banyak yang paham tentang dewan riset ini. Namun ini sudah sesuai dengan peraturan yang ada. Semoga  kerjasama ini bisa berjalan dengan lancar seperti yang di inginkan masyarakat. kami akan segera memberikan rekomendasi kepada  Bupati mengenai solusi mengenai segala persoalan yang di Lampung Tengah serta   membantu kinerja pemerintah Daerah Lampung Tengah menuju kemajuan”, Terangnya.

Ketua DRD ini  juga menjelaskan bahwa tidak ada masalah yang dapat di selesaikan hanya dengan  satu pandangan saja tetapi harus di lihat secara menyeluruh.

”Tidak ada sebuah persoalan yang dapat di selesai kan hanya dengan single displin,tidak ada. semua persoalan di masyarakat harus sikapi dengan berbagai pandangan dan berbagai ilmu pengetahuan, maka DRD ada Ibu Marselina yang ahli keuangan daerah, ada Musawir Subing yang berpengalaman di bidang birokrasi, kita akan lihat segala persoalan yang ada secara Holistic dan secara menyeluruh dan saya yakin setiap Komisi yang ada di DRD ini mempunyai pengalaman masing masing dan melihat persoalan secara menyeluruh” Pungkasnya

LEAVE A REPLY