DPRD: Pembangunan di Metro Itu-Itu Saja

0
492

METRO,LAMPUNG.DPRD menilai pembnagunan infrastruktur itu-itu saja Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Metro menilai pembangunan infrastruktur di Bumi Sai Wawai terkesan monoton. Padahal, dari tahun ke tahun bidang infrastruktur terutama jalan mendapat porsi anggaran yang cukup besar di samping tiga sektor utama, yakni pendidikan, kesehatan, dan ekonomi kerakyatan.

Sayangnya, pembangunan infrastruktur tidak relevan degan besarnya anggaran tersebut. Misalnya infrastruktur jalan. Setiap tahun perlu anggaran perbaikan, sementara perbaikan terkesan asal-asalan sehingga perlu dianggarkan kembali di tahun mendatang.

“Pembangunan maupun perbaikan infrastruktur seharusnya dikerjakan dengan pengelolaan anggaran yang maksimal agar hasilnya berkualitas,” ujar anggota Komisi III DPRD Kota Metro Hendri Susanto saat di temui di ruang kerja, Kamis (5/11/2015).

Hasil yang berkualitas, kata Hendri, akan menekan jumlah pengeluaran di anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) di tahun selanjutnya. Sehingga anggaran dapat dialihkan untuk bidang lainnya, seperti kesejahteraan rakyat.

“Bagaimana infrastruktur itu benar-benar bisa bermanfaat bagi masyarakat dan tidak (dipakai untuk perbaikan) itu-itu terus. Jadi apabila infrastruktur kita sudah selesai kan anggaran bisa dipakai untuk yang lain, seperti pengembangan ekonomi kreatif,” ungkapnya.

Hendri berharap, APBD 2016 yang saat ini mulai dirancang nantinya dapat lebih merata dalam pembagian porsi anggaran, terutama pada bidang kesejahteraan masyarakat yang saat ini masih menjadi pekerjaan rumah pemerintah daerah.(Jdp

LEAVE A REPLY