Bupati Resmikan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat Lamteng

0
825
RUBRIK, LAMPUNG TENGAH – Bupati Lampung Tengah Mustafa, jajaran Forkompimda, TNI, dan Polri serta masyarakat di Lampung Tengah menabuh kentongan menandai dimulainya Bulan Bakti Gotong Royong yang digelar setiap tahun.
Bulan Bhakti Gotong Royong_1
Kegiatan unik yang berlangsung, Rabu (11/5/2016) dan di pusatkan di Lapangan Tanjung Krajan, Kecamatan Seputih Banyak ini bertujuan membangkitkan kegiatan gotong royong yang mulai pudar.Bulan Bhakti Gotong Royong_3
Kegiatan tersebut dimulai dengan tarian adat lampung oleh siswi-siswi TK dan dimeriahkan oleh berbagai hasil kraetif masyarakat, seperti jajanan tradisional,  kerajinan tangan, serta posko kesehatan yang telah disiapkan pemkab.

Dalam sambutannya Mustafa mengatakan, makna tabuh kentongan merupakan ajakan bagi masyarakat agar kembali menggalakkan jiwa gotong royong dalam membangun kampung atau desa bersama pemerintah melalui program-program yang sudah digulirkan membangun desa.

Mustafa mengatakan, gotong royong adalah akar budaya bangsa. Menurutnya, gotong royong menghidupkan bangsa dengan kebersaaan dan kekeluargaan.

“Gotong-royong adalah nilai dan tradisi yang baik, yang ditinggalkan oleh nenek moyang sebagai warisan paling berharga dilanjutkan di masa depan. Gotong royong adalah identitas, karakter dan jati diri bangsa yang tak ditemui di belahan dunia mana pun,” kata Mustafa.Bulan Bhakti Gotong Royong_eputih banyakUntuk itu ia menekankan kepada seluruh masyarakat Lampung Tengah, agar budaya gotong royong terus dijalankan dan dipertahankan. “Budaya gotong royong tidak boleh hilang, hancur oleh budaya luar. Ini harus terus dipertahankan,”pintanya.

Mustafa menilai, budaya gotong royong saat ini sudah mulai pudar. Hal ini kata dia, dikarenakan masyarakat larut akan kepentingannya sendiri-sendiri.

Padahal sambung dia, apabila gotong royong ini dijalankan dengan baik, sudah sangat tentu pembangunan di tingkat kampung akan mudah selesai dan terasa ringan.

‎Apabila kampung itu maju, lanjut Mustafa, maka sudah tentu kecamatannya akan maju dan kabupatenpun akan ikut maju.

“Ini adalah komitmen saya dan Pak Loekman Djoyosoemarto (wakil bupati) membangun Lamteng dimulai dari kampung. Kami memiliki prinsip apabila kampung itu maju, maka kecamatan dan kabupaten ikut maju,” ucapnya.
Bulan Bhakti Gotong Royong_2
Sementara Dinas Kesehatan Lampung Tengah memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, pada acara Bulan Bakti Gotong Royong.
Pelayanan kesehatan yang diberikan, antara lain pemeriksaan asam urat, tekanan darah, konsultasi gizi, dan kolesterol. Masyarakat pun memanfaatkan pelayan kesehatan tersebut untuk mendapatkan pemeriksaan dari petugas kesehatan. (Rubrik/adv)

LEAVE A REPLY