Anang Prihantoro Lakukan Panen Raya Kelompok Tani Agroforest Park

0
733

RUBRIK, LAMPUNG SELATAN – Dalam rangka menyerap aspirasi masyarakat, anggota DPD RI Anang Prihantoro melakukan pertemuan dengan sejumlah kelompok tani Agroforest Park di Desa Karangrejo, Kecamatan Jatiagung, Lampung Selatan, Kamis (31/3/2016) dengan melibatkan masyarakat register 40.

Kelompok masyarakat yang bernaung pada kelompok tani Agroforest Park berjumlah 30 orang dan dibina langsung oleh dinas kehutanan setempat.

Pada kesempatan tersebut dilakukan juga panen raya padi unggul yaitu sertani-8. Panen raya dipimpin langsung oleh Anang Prihantoro.

Dalam kesempatan itu, Anang mengimbau petani harus kreatif dalam berusaha mengelola lahan hutan dengan prinsip peningkatan kesejahteraan petani dengan tetap menjaga aspek kelestarian hutan sendiri.

Anang Prihantoro juga menambahkan bahwa masyarakat yang mengelola lahan hutan tidak tepat disebut sebagai perambah, maka itu ada pembinaan berupa kelompok oleh Kehutanan terkait.

Anang pun memberikan bantuan bibit padi sertani. Menurutnya sertani merupakan salah satu bagian dari program besar yaitu “Mari Sejahterakan Petani”. Selain bantuan bibit padi anggota DPD RI itu juga memberikan bantuan bibit durian kepada kelompok Agroferest Park.

“Jika petani di Indonesia belum merasakan kemakmuran, maka Indonesia belum bisa dikatakan makmur,” terang Anang.

Dalam pertemuan tersebut, perwakilan KPHP Guntur menjelaskan bahwa luas lahan yang dimitrakan dengan masyarakat seluas 30 Ha dengan konsep penanaman berbagai jenis tanaman seperti jagung, padi, dan singkong.

Selain dari KPHP pada acara tersebut dihadiri juga oleh Ikatan Penyuluh Kehutanan Indonesia (Ipkindo).

Perwakilan Ipkindo Isyanto menjelaskan bahwa konsep pembangunan hutan sekarang khususnya di register 40 akan melibatkan masyarakat dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa sekitar, dengan prinsip menjaga kelestarian hutan.(*)

LEAVE A REPLY