Tak Ada Aksi Demo, Hari Buruh Diperingati Dengan Bagi Masker Gratis

0
1324
May Day, tidak ada demo, Pandemi Covid-19, Bansos dan pasang spanduk
aksi massa oleh pekerja untuk memperingati Hari Buruh 2019/ sumber: kompas.com

RUBRIK, JAKARTA- Peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day biasanya ditandai dengan aksi demonstrasi oleh para pekerja untuk menuntut hak dan kondisi yang lebih baik. Namun berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kali ini tidak ada aksi massa atau demo karena saat ini dunia tengah berada dalam pandemi Covid-19.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan bahwa sampai saat ini tidak ada laporan aksi demo untuk peringatan Hari Buruh Internasional. Dengan ini, Yusri pun sangat mengapresiasi tindakan yang diambil oleh pihak serikat buruh karena telah memahami situasi yang sedang terjadi.

“Sampai dengan saat ini belum ada pengajuan kegiatan keramaian ya. Tetapi berdasarkan hasil koordinasi dan komunikasi kami dengan semua teman-teman dari serikat buruh yang ada dari semua teman-teman serikat buruh tidak ada yang turun kejalan dalam hari May Day ini,” kata Yusri, Jakarta, Kamis 30 April 2020.

“Alhamdulilah mereka bisa mengerti dan memahami. Suatu aprsisasi buat teman-teman buruh, mereka memahami bahwa pandemi Covid-19 sangat berbahaya ini adalah musuh bersama,” ujar Yusri.

“Ada maklumat Kapolri, ada peraturan gubernur yang mereka betul-betul pahami,” sambung Yusri.

Melansir Liputan6.com,Yusri menambahkan bahwa peringatan May Day akan tetap dilaksanakan oleh teman-teman serikat buruh yaitu dengan memasang spanduk di kantor masing-masing. Selain itu mereka juga akan melakukan kegiatan bansos dengan membagikan masker kepada masyarakat secara gratis.

“Kedua, mereka juga melakukan kegiatan bansos, itu yang kita apresiasi. Bansos, kemudian mereka ada yang lakukan kegiatan bagi-bagi masker kepada masyarakat di pinggir jalan. Tetapi mereka tetap sesuai dengan protokol kesehatan yang ada,” jelas Yusri.

Dengan adanya kegiatan bansos tersebut, polisi akan tetap mengawal. Namun, Polri bersama dengan Dishub dan stakeholder terkait masih menunggu keputusan dari para buruh. Karena, mereka mengaku sedang menyusun rencana apakah kegiatan itu kemungkinan akan ada di pos-pos PSBB atau tidak.

“Tapi nanti akan dia sampaikan dari panitia masing-masing serikat buruh akan sampaikan ke kita kegiatanya. (Untuk izin pemasangan spanduk) Sambil berjalan ya, kan besok ulang tahunnya,” pungkas Yusri. (dw/us)

LEAVE A REPLY