SOSIALISASI PEKAN IMUNISASI NASIONAL DI KOTA METRO

0
1964



 

Imunisasimerupakan kegitan prioritas Kementrian Kesehatan sebagai bentuk komitmen pemerintah untuk mencapai Millennium Development Goals (MDGs) dengan tujuan untuk menekan angka kematian pada anak. Dengan adanya program ini, Indonesia dinyatakan bebas dari penyakit  cacar sejak tahun 1974. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi memberi pengaruh besar pada program imunisasi dalam penyelenggaraan  pelayanan yang bermutu dan efisien.

 

Jumat (30/10/15) pukul 08.30 WIB Pemerintah Kota Metro mengadakan Pertemuan Pelaksanaan Introduksi Vaksin Baru (IPV) se-Kabupaten/Kota dan Persiapan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio Provinsi Lampung Tahun 2016, yang dihadiri Kepala Bidang P2PL Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Anita Andryani, Kepala Dinas Kesehatan Kota Metro Maryati, S.KM. yang mewakili Pj. Walikota Metro A. Chrisna Putra sekaligus membuka acara, Di Ruang OR Setda Kota Metro

Hadir juga dalam acara ini Kepala SKPD Para Lintas Sektor, dan sejumlah  Organisasi yang menyangkut Program Imunisasi.

Saat ini kawasan South East Region (SEAR) secara umum dan Negara Indonesia dinyatakan bebas polio oleh WHO pada 27 maret 2014, dan ini merupakan tantangan yang harus dihadapi yaitu bagaimana mempertahankan status bebas polio. Dalam rangka mencapai Eradiksi  Polio Tahun 2020 sesuai dengan komitmen global, kegiatan yang  pada Tahun 2016 adalah pelaksanaan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio, peralihan Vaksin Polio tetes Trivalent Oral Polio Vaksin (tOPV) menjadi vaksin polio tetes Bivalen Oral Polio Vaksin (bOPV).

 

Kepala Dinas Kesehatan Kota Metro Maryati, SKM, mewakili  Pj. Walikota membawakan Sambutan Pembukaan Sosialisasi Introduksi Vaksin Baru (IVP) dan persiapan pelaksanaan Pekan Imunisasi Nasional polio Kota metro tahun 2016 ini.

“imunisasi perlu terus ditingkatkan untuk mencapai tingkat population immunity yang tinggi sehingga penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD3I) dapat dieradikasi, dieliminasi, denberharap pelaksanaan PIN dan pergantian TOPV dan BOPV serta introduksi  IPV di Kota Metro dapat berjalan dengan baik dan sukses. Hal ini menjadi tantangan kita semua dalam rangka memenuhi komitmen global mencapai eradikasi polio pada tahun 2020 memdatang.

 

rubrikmedia.com

LEAVE A REPLY