Pemprov Lampung Gelar Pasar Murah di Kota Metro, Ada Subsidi Rp 3.000 per Barang Sembako

0
972
Pasar Murah ,jelang Ramadhan,Djohan
Wakil Wali Kota Metro Djohan meninjau pasar murah di Lapangan Kampus Iringmulyo
RUBRIK, METRO – Pemerintah Provinsi Lampung melalui Pemerintah Kota Metro menggelar Pasar Murah dalam rangka Bulan Suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1438 H/2017 M, yang berlangsung di Lapangan Kampus Iringmulyo, Metro Timur, Jumat (19/5/2017).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Biro Perekonomian Provinsi Lampung, Wakil Walikota Metro, Sekda Kota Metro, Kabid Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perdagangan Provinsi Lampung, Perwakilan Unsur Fokorpimda Kota Metro, Staf Ahli dan Asisten, Kepala Satker, Ketua Gow Kota Metro, Camat dan Lurah se-Kota Metro.

Kabid Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perdagangan Provinsi Lampung Ofrial mengatakan, tujuan dari kegiatan Pasar Murah dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1438 H/2017 M.

Menurutnya, kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Provinsi Lampung dan Kota Metro untuk membantu masyarakat berpenghasilan rendah dalam memenuhi kebutuhan terutama kebutuhan pokok dan kebutuhan lainnya dengan harga yang relatif murah dan terjangkau, meningkatkan dan menggugah rasa kebanggaan masyarakat dalam menggunakan produk dalam negeri terutama produk-produk unggulan dari Provinsi Lampung.

Peserta dalam kegiatan pasar murah tersebut kurang lebih 12 peserta yang berasal dari BUMN, Swasta, UKM baik dari Provinsi maupun binaan dari Kota Metro.

Adapun komoditas/bahan yang disediakan dalam Pasar Murah di antaranya beras, minyak goreng, tepung terigu, gula pasir, telur, bawang putih, elpiji 3 kg. Dengan beberapa sembako yang bersubsidi yakni beras, gula, minyak goreng, telur ayam ras, dan tepung terigu.

“Pasar murah tersebut dibuka bagi warga pemegang kupon bersubsidi sebesar Rp 3.000/kg dari label harga pabrik, berlaku untuk semua jenis sembako,” jelasnya.

Kepala Biro Perekonomian Provinsi Lampung, Lukmansyah menyampaikan, kegiatan pasar murah ini merupakan salah satu implementasi dari gerakan stabilitasi pangan yang baru dicanangkan oleh menteri perdagangan, dan merupakan kegiatan rutin pemerintah kota dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri.

“Inti kegiatan pasar murah ini adalah bagaimana kita mencegah adanya inflasi di beberapa kota dan pesisir Lampung khususnya menjelang hari raya. Dan kegiatan ini juga merupakan salah satu bentuk perhatian dari Gubernur Lampung terhadap masyarakat yang berpenghasilan rendah,” ucapnya.

Menurutnya, dengan pasar murah ini diharapkan dapat membangun masyarakat memperoleh bahan kebutuhan pokok dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan harga pasar.

“Mudah-mudahan melalui pasar murah ini akan dapat lebih meningkatkan rasa kebersamaan dan rasa persaudaraan di antara aparatur dunia usaha dan masyarakat pada umumnya,” harapnya.

Wakil Walikota Metro Djohan menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Lampung melalui Dinas Perdagangan Provinsi Lampung yang telah memperhatikan kesulitan masyarakat di seluruh kabupaten/kota se-provinsi Lampung.

“Saya mengajak kepada semua pihak agar dapat berperan aktif mensukseskan kegiatan Pasar Murah tersebut sehingga akan benar-benar dapat dirasakan manfaatnya baik oleh masyarakat maupun oleh pelaku usaha khususnya dapat mendukung pertumbuhan sektor ekonomi kerakyatan di Kota Metro,” ungkapnya.

“Saya mengharapkan kepada Pemerintah Provinsi Lampung melalui Dinas Provinsi Lampung agar Pasar Murah seperti ini kiranya dapat dilaksanakan secara terus menerus di tahun-tahun yang akan datang, serta berharap jenis barang kebutuhan pokok yang disubsidi kiranya agar dapat ditambah dengan dengan barang-barang lain yang termasuk katagori barang kebutuhan pokok,” ucap Djohan.(*)

 

LEAVE A REPLY