Lada Hitam Jadi Incaran Pencuri, Petani di Lamtim Terpaksa Panen Lebih Dini

0
1919

RUBRIK, LAMPUNG TIMUR – Petani lada hitam asal Desa Gerem Pawiki, Kabupaten Lampung Timur terpaksa memanen hasil ladanya lebih cepat dari jadwal panen.

Hal ini disebabkan oleh tingginya tingkat pencurian buah lada yang sebentar lagi memasuki masa panen yakni di bulan Agustus mendatang.

Untuk mengantisipasi kerugian akibat Karena buah ladanya habis dicuri, para petani lada di Gerem Pawiki terpaksa rela memanen lada yang semestinya belum layak untuk dipanen.

“Beberapa hari lalu kebun lada di sejumlah tetangga saya habis disikat maling, kami takut kebun lada lainnya pasti juga sudah menjadi incaran pencuri,” ungkap Sunaryo salah satu petani.

Menurut Sunaryo, sudah menjadi langganan jika musim panen lada akan tiba para pencuri blackpaper di Lampung Timur mulai beraksi, apalagi di Desa Gerem Pawiki merupakan centra penghasil lada terbaik di Provinsi Lampung. Lada dari daerah ini juga telah menembus pasar internasional.

Modus pencurian buah lada ini tergolong nekat. Para pelaku beraksi pada malam hari dengan cara memangkas batang pohon lada sekaligus.

(rubrikmedia)

LEAVE A REPLY