Cerita di Balik Lukisan Legendaris Biskuit Kong Guan yang Dibuat 1970-an

0
2161
Biskuit Khong Guan. | Kaskus.co.id

Rubrikmedia.com, Ragam – Mungkin anda tak asing lagi dengan biskuit Khong Guan yang menjadi hidangan khas Idul Fitri.

Kudapan yang identik dengan lukisan sosok ibu dan dua anaknya yang sedang menikmati teh dan biskuit itu menjadi ikon yang mudah diingat.

Pelukis gambar itu adalah Bernardus Prasodjo, yang kini berusia 69 tahun. Dalam sebuah video yang diunggah ANTARA News di YouTube, Bernardus menuturkan kisah di balik lukisan yang ikonik itu.

Tidak ada perubahan berarti pada penampilan kaleng biskuit tersebut. Warna merah dan gambar deretan biskuit yang bisa dinikmati di dalamnya menghiasi kaleng. Ia juga berkomentar tentang pertanyaan banyak orang tentang gambar itu, yakni keberadaan sosok ayah.

Menurut Bernardus, gambar yang sampai saat ini menghiasi kaleng biskuit Khong Guan itu tidak banyak berbeda dengan gambar contoh yang disodorkan padanya.

“Ya cuma ini bajunya warna kuning, yang ini merah. Kemudian anaknya yang ini rada digeser ke mari, yang ini jadi pegang biskuit. Ya begitu aja,” papar pria berusia 69 tahun itu.

Ketika ditanya soal ketiadaan sosok ayah dalam gambar itu, Bernardus mengaku tidak tahu persis. Meski demikian ia memiliki sebuah teori.

“Menurut saya itu cara untuk mempengaruhi ibu rumah tangga supaya membeli. Jadi yang penting ada ibunya di situ,” jawab Bernardus lalu tersenyum.

Seingat dia, lukisan itu ia buat sekitar tahun 1970-an. Saat ini yang tersisa hanya Khong Guan, Monde, dan Nissin wafer, kata Berrnardus. (*)

Kompas.com

LEAVE A REPLY