Bayi Kembar Lahir Sudah Tumbuh Gigi, Ibu Tak Mengeluh Saat Beri ASI

0
1387

Bayi perempuan kembar di India lahir dengan gigi depan yang telah sempurna. Hal itu membuat dokter yang membantu kelahiran keduanya takjub.

Dilansir tribunpekanbaru.com dua bayi tersebut bukan kembar identik. Mereka lahir di usia kandungan 32 minggu. Namun harus dirawat di inkubator selama 15 hari setelah lahir.

Meskipun berat tubuhnya kurang, kondisi mereka sehat. Menurut ibunya, saat minum air susu ibu (ASI) ia tidak mengalami kesulitan.

Namun mereka segera dibawa ke dokter gigi anak-anak. Sebab keluarga jadi cemas melihat gigi yang dianggap tidak normal untuk bayi seusianya.

Kasus ini dilaporkan para dokter di jurnal medis BMJ.

Ketika dokter gigi memeriksa mulut, mereka melihat dua gigi depan atas dab bawah telah tumbuh penuh. Warnanya agak kekuningan dan keras.

Secara medis, gigi yang sudah tumbuh saat bayi lahir disebut ‘natal teeth.’ Sedangkan gigi yang tumbuh dalam masa 30 hari setelah lahir dinamakan ‘neonatal teeth.’

Kemungkinan bayi yang lahir telah tumbuh gigi adalah satu di antara 2.000. Sedangkan gigi tumbuh dalam satu bulan pertama setelah kelahiran adalah satu di antara 3.500.

Gigi itu biasanya berkembang di gusi bawah dengan struktur akar yang kecil. Sehingga gigi itu sering goyang. Agar tidak membahayakan mulut dan lidah bayi maupun membuat sakit ibu saat minum ASI, gigi tersebut sering dibuang.

Tapi dalam kasus ini ibu bayi kembar tersebut tidak merasa sakit ataupun iritasi saat menyusui. Setelah diperiksa pun dokter tidak menemukan adanya luka maupun peradangan jaringan di mulut bayi.

Dalam jurnal, dokter dari rumah sakit Davangere negara bagian Karnataka India mengatakan gigi itu tak dibuang karena tidak menimbulkan bahaya.

 

 

LEAVE A REPLY