Warga Lamtim Sulap Bekas Galian Pasir Jadi Lahan Persawahan

0
940
Siber Berita Lampung, Labuhan Maringgai, Info Lamtim, berita online,
Sebuah mobil truk sedang melakukan penimbunan bekas tambang lahan pasir

RUBRIK, METRO – Petani Desa Gedungringin, Kecamatan Pasirsakti, Lampung Timur memanfaatkan bekas galian pasir untuk dijadikan lahan pertanian.

Tampak dua mobil muatan besar ( Truck) hilir mudik membawa tanah timbunan pada bekas galian pasir sedalam 4 meter, dan satu alat brat jenis eskavator merupakan alat utama sebagai proses penimbunan bekas galian C tersebut.

Hal tersebut dilakukan oleh seorang petani bernama Sutarwo, yang harus mengeluarkan modal besar untuk menyulap kubangan bekas galian pasir menjadi persawahaan, Tarwo juga mmanfaatkan batang pohon sawit  yang tidak produktif untuk menimbun sejumlah lubang yang akan dia jadikan lahan persawahan.

Saat ini Tarwo mengerjakan pengrukan bekas galian C seluas satu hektare dan sudah berjalan 70 persen, dengan biaya sekitar 200 juta

Salah satu pengurus klompok tani sukajaya Desa Gedungringin, Saini mengakui meskipun bekas galian pasir dan dilakukan penimbunan untuk dijadikan lahan persawahaan hasil juga maksimal, dalam satu hektar bisa menghasilkan padi 3,5 ton.(Red)

LEAVE A REPLY