Sujadi Minta Setiap Sekolah Ada Kantin Kejujuran, Percontohannya Dimulai di SMPN 4 Rejosari, Pringsewu

0
941
Bupati Pringsewu
Bupati Pringsewu Sujadi mengunjungi kantin sekolah

RUBRIK, PRINGSEWU – Bupati Pringsewu Sujadi menyarankan agar di lingkungan sekolah harus ada Kantin Kejujuran guna memberi pembelajaran kepada siswa agar selalu jujur.

Hal itu ditegaskan Bupati Sujadi ketika berdialog dengan beberapa penjaga kantin dan Kepala SMPN 4 Rejosari Pringsewu Rahmanto, saat berkesempatan keliling ke lokasi sekolah tersebut mulai dari melihat keberadaan kelas, kebersihan, penghijauan, hingga kantin sekolah.

Pada peninjauan itu, dampingi Wakil Bupati Fauzi, Kadis Pendidikan Tri Prawoto, dan beberapa kepala dinas terkait, pada Jumat (21/7/2017).

“Jadi selain siswanya jujur, pedagangnya pun juga harus jujur. Misal‎ dalam menyediakan dagangan jajanan dan makanan harus berproduk halal, bersih, sehat, juga tanpa berformalin atau mengandung zat pengawet lain yang berbahaya untuk dikonsumsi,” jelasnya.

Untuk itu Sujadi meminta adanya kantin kejujuran itu dimulai dari SMPN 4 Rejosari, Pringsewu. Kemudian juga diikuti oleh sekolah lain mulai dari SD, SMP, dan SMA se-Kabupaten Pringsewu.‎

“Kantin Kejujuran di mulai dari SMPN 4 Rejosari, Pringsewu. Sekolah yang lain agar dapat mengikuti juga,” pintanya.

Agenda peninjauan tersebut dilakukan Sujadi dan rombongan seusai gowes sepeda bersama dan singgah di sekolah tersebut dilanjut senam bersama.

Sujadi juga meminta pada pengelola kantin sekolah agar dapat menyediakan jajanan dan makanan yang merupakan produk buatan warga sendiri di sekitar sekolah.‎

“Yang utama, jajanan dan makanan itu halal, bersih dan sehat setidaknya membantu ekonomi warga sekitar sekolah,” ujarnya.

Selain itu Sujadi juga mengharapkan di lingkungan sekolah harus ‎ada tanaman penghijauan, selain akan terlihat indah, sejuk, nyaman juga akan mencegah dari polusi udara.

“Jadi jangan ada sejengkal tanahpun yang tidak diperdayakan. Tanami apa saja yang penting bisa menghijaukan lingkungan sekolah,” sarannya.

Namun menurutnya, selain tanaman hias atau perindang juga perlu adanya tanaman buah-buahan agar dapat diambil manfaatnya jika tanaman itu berbuah seperti mangga, nangka, kelengkeng, rambutan, jadi, dan lainnya.

“Bila perlu setiap tanaman itu harus ada yang merawat dan mengawasi dari masing-masing  kelompok siswa,” imbuhnya.

Wakil Bupati Pringsewu Fauzi menambahkan, agar setiap sekolah juga harus memiliki penerangan lampu di sekeliling pagar sekolah, hal itu selain menjadi terang juga menghindari dari ancaman pencurian.

“Apalagi jika letak sekolahnya jauh dari pemukiman penduduk,” katanya.

Dia juga mengharapkan, setiap sekolah baik tingkat SD, SMP, dan SMA harus mempunyai prestasi unggulan baik dibidang akademik maupun nonakademik.

‎”Jika memang prestasi siswanya banyak di nonakademik tidak apa-apa, tetapi terus dibina‎ agar dapat meraih prestasi yang diinginkan,” harap Fauzi.(fit)

LEAVE A REPLY