Pj Bupati Minta PWI Dukung Pembangunan dan Kondusivitas Pilkada Pringsewu

0
532
Pj.Bupati Pringawu Yudha Setiawan Audensi dengan Wartawan

RUBRIK, PRINGSEWU – Penjabat Bupati Pringsewu Yudha Setiawan menghadiri audensi yang digelar oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pringsewu di Rumah Makan Sela Pagelaran, Kamis (9/2/2017).

Hadir pada audensi itu, Asisten I Zuhairi, Kabag Bina Hubungan Masyarakat dan Protokoler Yanuar Haryanto, Kabag Umum Maskur serta sejumlah kepala SKPD di lingkungan Pemkab Pringsewu.

Dalam kegiatan tersebut, Yudha Setiawan mengapresiasi berbagai program kerja dari jajaran PWI Pringsewu, terutama pada program Diskusi Bincang Jumat PWI.

Menurut Yudha, diskusi itu sangat positif guna membantu pemerintah daerah melalui ekspose program kerja para SKPD untuk memecahkan permasalahan dan solusinya yang kemudian dipublikasikan kepada jajaran wartawan PWI dari media cetak, elektronik dan online.

“Setidaknya membantu mensosialisasikan kepada masyarakat luas, tentang program unggulan yang ada pada masing-masing Satker. Saya mengucapkan terima kasih kepada PWI Pringsewu,” ujarnya.

Dia meminta kepada PWI Pringsewu agar meneruskan program Diskusi Bincang Jum’at tersebut secara rutin dan bergiliran dengan mengundang dari SKPD di lingkungan Pemkab Pringsewu, kendatipun pihak Pemkab juga secara bulanan selalu rutin menggelar rapat koordinasi (rakor) dengan para SKPD tersebut.

Menurutnya, Pemerintah Kabupaten Pringsewu dalam melaksanakan kegiatan pemerintahannya butuh dan memerlukan banyak masukan dari seluruh elemen masyarakat, termasuk PWI dalam membantu pemerintah daerah dalam menyebarluaskan informasi berbagai kegiatan pemerintahan maupun pembangunan di Kabupaten Pringsewu.

Yudha mengatakan, pembangunan akan berhasil manakala semua elemen bisa satu visi, dan tidak ¬†membesarkan ego masing-masing. “Semoga sinergitas yang telah terjalin antara pemkab dan jajaran PWI Pringsewu dapat terus ditingkatkan demi kemajuan pembangunan di Kabupaten Pringsewu,” ujarnya.

Disisi lain Pj Bupati Pringsewu juga mengapresiasi program lain dari PWI Pringsewu di antaranya mensosialisasikan UU Pers dan Kode Etik Jurnalistik serta bagaimana cara menghadapi oknum wartawan, kepada para kepala pekon dan kepala sekolah. “Program sosialisasi ini juga terus dijalankan,” pintanya.

Sementara itu, terkait pemilihan kepala daerah (pilkada) pada Rabu 15 Februari 2017, Yudha juga meminta kepada wartawan PWI agar dapat menjaga kondusivitas dan memberikan informasi ¬†secepatnya jika menemukan permasalahan di lapangan. “Kami butuh bantuan informasi dari kawan-kawan wartawan,” imbuhnya.

Dalam acara tersebut, Kapolres Tanggamus AKBP Ahmad Mamora juga meminta jajaran wartawan PWI turut berperan aktif untuk menjaga keharmonisan dan kondusivitas melalui pemberitaan dan karya jurnalistiknya untuk menampik fenomena yang ada saat ini.

Ahmad juga mengharapkan, pelaksanaan Pilkada di Pringsewu berjalan lancar, sukses dan aman tanpa menimbulkan permasalahan. “Maka di sini peran media sangat penting dalam menyajikan pemberitaannya,” ujarnya.

Ketua PWI Kabupaten Pringsewu Budi Karyadi menuturkan, anggota PWI Pringsewu ada 30 orang dan yang sudah lulus uji kompetensi sekitar 80 persen. Bahkan semenjak berdirinya Kabupaten Pringsewu pada tujuh tahun lalu, antara PWI dan Pemkab Pringsewu selalu bersinergi.

Terkait pelaksananaan pilkada, Budi menyatakan pihaknya siap mengawal untuk turut mensukseskannya. “Jajaran kami siap mengawal suksesnya pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pringsewu melalui pemberitaan yang berimbang sesuai dengan kode etik jurnalistik,” ujar Budi Karyadi.(*)

LEAVE A REPLY