HomeBERITA LAMPUNGPasca Lebaran, Harga Daging Sapi Masih Rp 130 Ribu per Kg-Bawang Merah Rp 50 Ribu per Kg

Pasca Lebaran, Harga Daging Sapi Masih Rp 130 Ribu per Kg-Bawang Merah Rp 50 Ribu per Kg

2

RUBRIK, PRINGSEWU – Pasca Idul Fitri harga bahan pokok di sejumlah pasar tradisional Pringsewu masih cukup tinggi. Tidak hanya pembeli para pedagangpun mengeluhkan tingginya harga bahan pokok karena berdampak terhadap daya beli masyarakat.

Berdasarkan hasil pemantauan, Rabu (13/7/2016), pasca lebaran di Pringsewu, harga sebagian besar bahan kebutuhan pokok di sejumlah pasar tradisional seperti di Pasar Induk Pringsewu, meski tidak signifikan akan tetapi sudah mulai berangsur stabil ke harga normal.

Harga telur misalnya tetap bertahan di kisaran Rp 22 ribu per kilogram, harga beras kualitas super rata-rata dijual Rp 12 ribu per kilogram, dan gula pasir tetap Rp 18 ribu per kilogramnya.

Kondisi serupa juga tampak pada harga daging, seperti ayam dan sapi juga kembali menurun. Kendati demikian penurunannya tidak signifikan, harga daging sapi yang sempat tembus di angka Rp 140 ribu kini masih dibilang mahal dengan harga Rp 130 ribu per kilogramnya.

“Masih cukup mahal, menjelang lebaran kemarin Rp 140 ribu terus sekarang Rp 130 ribu perkilogramnya, tapi ya termasuk mahal itu Mas,” terang Surya salah seorang pedagang daging sapi.

Tak hanya pembeli, para pedagang pun mengeluhkan menurunnya daya beli masyarakat akibat harga daging ayam yang masih tinggi dari distributor. Sulitnya pasokan diduga menjadi faktor tingginya harga daging ayam potong di pasaran.

Untuk harga daging ayam mencapai Rp 22.500 per kilogram, dari sebelumnya mencapai Rp 23 ribu per kilogramnya.

Menurut Yuni, salah seorang pembeli mengeluhkan mahalnya harga daging dan kebutuhan pokok lainnya. “Karena memang merupakan suatu kebutuhan, jadi saya terpaksa tetap harus membeli,” singkatnya.

Sementara itu terjadi pula penurunan harga pada komoditas harga sayuran. Harga bawang merah misalnya turun 10 persen, dari harga Rp 60 ribu kini menjadi Rp 50 ribu per kilogram. Namun untuk harga bawang putih masih tetap stabil di kisaran Rp 40 ribu-Rp 50 ribu per kilogramnya.

Sementara cabai merah yang sempat menyentuh angka Rp 60 ribu per kilogram kini menurun drastis pasca lebaran yakni hanya Rp 30 ribu per kilogramnya.

“Banyak yang turun, tetapi belum bisa dikatakan normal, masih banyak yang mahal. Kasian para pembeli yang harus bayar mahal, tapi gimana lagi kita beli dari distributornya juga sudah mahal. Kami berharap ada turun tangan pemerintah untuk bisa menstabilkan lagi,” terang Sriyati pedagang sayur.

Usai lebaran di Pringsewu kegiatan jual beli di pasar tradisional seperti di pasar induk Pringsewu sudah kembali berjalan normal, sebagian besar pedagang sudah berjualan sehingga pasar pun kembali terlihat ramai karena banyak kios yang sudah buka. (Fid)

Ingin Masuk SMP dan
Camat Teladan Metro
Rate This Article:
NO COMMENTS

LEAVE A COMMENT