Pansus LPPA Larang Disdik Pakai Rangka Baja untuk Rehabilitasi Sekolah

0
685

RUBRIK, LAMPUNG TENGAH – Banyaknya penggunaan rangka baja ringan untuk rehabilitasi sekolah oleh Dinas Pendidikan Lampung Tengah mendapat reaksi keras dari anggota DPRD setempat, terutama panitia khusus (pansus) Laporan Pertanggungjawaban Penggunaan Anggaran (LPPA).

Melihat efisiensi serta kekuatan dan perbandingan harga antara rangka kayu dan baja ringan, Pansus LPPA pun merekomendasikan kepada pemerintah daerah untuk manfaatkan potensi lokal berupa rangka kayu.

Anggota pansus LPPA Rusliyanto mengatakan, pihaknya merekomendasikan kepada Bupati Lampung Tengah agar tahun 2016 ini renovasi sekolah tidak boleh menggunakan rangka baja.

“Penggunaan kayu pada rehab sekolah lebih murah dan lebih kuat dibandingkan dengan penggunaan rangka baja. Selain itu, penggunaan rangka baja juga melanggar Pasal 27 ayat 4 Perpres No 54 tahun 2010,” tegasnya.

Dalam Perpres tersebut disebutkan bahwa swakelola tidak boleh disubkontraktorkan. “Untuk itu kami meminta kepada Pemerintah Lampung Tengah, khususnya Dinas Pendidikan untuk memanfaatkan potensi lokal, mengangkat perekonomian masyarakat Lampung Tengah,” jelasnya.

Bupati Lampung Tengah Mustafa setuju dengan usulan tersebut, sebab di Lampung Tengah masih banyak dan mudah mendapatkan kayu untuk keperluan pembangunan tersebut.(Ddy)

LEAVE A REPLY