Gara-gara Nunggak SPP, Puluhan Ijazah Siswa SMKN 2 Kota Metro Ditahan Sekolah 

0
734
Sekolah Kejuruan Metro, Potret Pendidikan, Pairin
Husni orang tua Ridho siswa SMK Negeri 2 Metro

RUBRIK, METRO – Dunia pendidikan di Kota Metro tercoreng oleh SMK Negeri 2 Kota Metro yang diduga menahan puluhan ijazah siswa-siswinya akibat menunggak biaya sekolah.

Salah satu siswa, Ridho (19), warga Kota Metro mengaku tidak bisa mengambil ijazah. Padahal, Ridho merupakan warga kurang mampu dan mendapat bantuan khusus siswa miskin.

Husni, orangtua Ridho, mengatakan, pihak sekolah meminta agar tunggakan sekolah tersebut dilunasi dahulu sebelum mengambil ijazah.

“Bahkan untuk mengambil fotokopi ijazah, pihak sekolah meminta agar paling tidak membayar 50 persen dari tunggakan biaya sekolah tersebut,” ujarnya, Rabu (17/1/2018).

Menurut Husni, karena ijazah belum bisa diambil maka keluarga mendatangi sekolah untuk minta keringanan.

Namun, pihak sekolah masih tetap bersikukuh agar orangtua mencicil bayaran. Padahal fotokopi ijazah tersebut akan digunakan untuk melamar pekerjaan.

Hingga saat ini pihak SMKN 2 Kota Metro belum bisa dimintai konfirmasi. Kepala SMKN Negeri 2 Kota Metro dikatakan sedang berada di luar kota.

Sementara kepala UPTD Dinas Pendidikan Wilayah II Provinsi Lampung Joko Susanto mengatakan, pihaknya meminta pihak sekolah untuk segera memberikan ijazah siswa.

“Kami juga harapkan pihak sekolah mendata berapa ijazah yang ditahan karena adanya tunggakan pembayaran tersebut,” ujarnya. (*)

LEAVE A REPLY