DPRD Metro Sesalkan Urus Izin PIRT Kok Sampai Setahun

0
877
Basuki Ketua Komisi I DPRD Kota Metro Lampung.

RUBRIK, METRO – Sejumlah usaha rumah tangga di Kecamatan Metro Timur mengeluhkan lamanya mendapatkan izin pangan industri rumah tangga (PIRT). Selain itu, masyarakat kerap terkendala pengurusan sertifikat penyuluhan keamanan pangan yang merupakan syarat mutlak untuk mendapatkan izin PIRT tersebut.

“Hal ini terungkap saat kita (DPRD) dari dapil Metro Timur reses. Ternyata membuat izin PIRT itu memakan waktu cukup lama. Bahkan ada yang hampir setahun,” kata Ketua Komisi I DPRD Kota Metro Basuki, Rabu (12/10/2016).

Bauski mengatakan, sertifikat penyuluhan keamanan pangan ini dikeluarkan Kantor Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (KPM-PTSP).

“Ini yang perlu kita sikapi bersama secara menyeluruh. Sebenarnya akar masalahnya dimana. Kita kan sepakat untuk menumbuhkan ekonomi kreatif berbasis ekonomi kerakyatan,” ujarnya.

Selain itu, terang Basuki, ekonomi mikro merupakan roh penggerak utama roda perekonomian di Bumi Sai Wawai, yang harusnya mendapat perhatian khusus atau lebih dari Pemkot Metro.

“UMKM ini paling banyak di Metro. Kita hampir enggak ada industri besar. Jangan sampai, yang kecil yang baru mau tumbuh ini layu sebelum berkembang. Hanya karena urusan regulasi. Kita akan panggil instansi-instansi terkait,” katanya.(*)

 

LEAVE A REPLY