Busyet, Kambing Etawa Dibanderol Setara Motor Matik

0
1278
Kambing kurban ini dibanderol seharga motor matik. | detik.com

Rubrikmedia.com, Ragam – Menjelang hari raya Idul Adha, biasanya banyak masyarakat yang mencari hewan kurban, baik sapi maupun kambing. Seperti di Jalan Raya Klender, Jakarta Timur, para pedagang hewan kurban musiman mulai menggelar lapaknya.

Andi, seorang pedagang kambing kurban dan aqiqah mengatakan, dirinya menjual kambing mulai dari yang paling murah per ekor Rp 1,4 juta dengan berat 25 kg, sampai yang paling mahal yakni kambing Etawa yang dibanderol Rp 16 juta per ekor.

“Kalau kambing Etawa memang paling mahal karena ukurannya juga gede. Ini kalau harga Rp 16 juta ukurannya bisa 2 kuintal (200 kg). Jadi badannya juga besar, wajar kalau mahal. Sama kayak (motor) matik kan,” kata Andi kepada detikFinance, Jumat (11/8/2017).

Selain badannya yang lebih besar ketimbang kambing dan domba pada umumnya, kambing Etawa menurutnya juga memiliki daun telinga yang menjuntai, dan bulu halus yang berkelir hitam putih kecoklatan. Baik jantan maupun betina sama-sama memiliki tanduk.

“Etawa ini ambilnya dari Kaligesing (Purworejo, Jawa Tengah). Yang beli bos, jadi enggak tahu harganya. Nanti kalau pas dekat Lebaran banyak yang cari Etawa,” ungkap Andi.

Saat ini, lanjut dia, belum banyak pembeli yang mencari kambing untuk dijadikan hewan kurban. Ramai pembeli baru akan terjadi pada minggu pertama dan kedua sebelum Idul Adha.

Detik.com

LEAVE A REPLY