Warga yang Tak Ikut Ronda Didenda, Hasilnya Dipakai Bakti Sosial

0
1993
Pringsewu, Polsek Sukoharjo, Sunat Masal
AKP.Wahidin menyaksikan prosesi pengkhitanan

RUBRIK, PRINGSEWU – Kapolsek Sukoharjo AKP Wahidin menghadiri peringatan Isra Mi’raj dan bakti sosial sunatan​ massal yang dilaksanakan masyarakat Pekon Sukoharjo 3, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Pringsewu, Sabtu (22/4/17).

Hal yang menarik dalam kegiatan bakti sosial sunatan massal, berawal dari pos ronda (siskamling) yang menarik denda beras bagi warga yang tidak berangkat ronda dan dikenakan sanksi berdasarkan musyawarah.

Hasil denda tersebut digunakan untuk bakti sosial seperti sunatan massal, santunan anak yatim, lansia, dan pengajian akbar.

AKP Wahidin mengatakan, peserta sunatan​ massal berjumlah 12 anak warga sekitar Sukoharjo 3. Uniknya, sebelum disunat peserta diarak keliling kampung menggunakan becak dan diiringi rebana. Ini memang menjadi budaya di Pekon Sukoharjo 3.

“Arak-arakan dengan pengawalan anggota Polsek guna menghibur anak-anak sebelum disunat, setelah arak-arakan peserta langsung ke Puskesmas Sukoharjo 3 untuk dilakukan khitan. Di dalam ruangan terdengar jeritan dan tangisan anak yang sedang dilakukan sunat,” ujar AKP Wahidin.

KUPT Puskesmas Sukoharjo, Nuryanto menyambut baik sunatan massal yang diselenggarakan oleh warga masyarakat. Pihaknya juga memfasilitasi dengan tenaga medis dan pemberian obat secara gratis.

“Kami dari puskesmas Sukoharjo menyambut dan menerima dengan baik dengan sunatan masal ini yang diselenggarakan oleh warga masyarakat. Kami juga memfasilitasi dengan tenaga medis dan pemberian obat secara gratis. Semoga dengan kegiatan seperti ini bisa menjadi contoh bagi pekon yang lain,“ kata Nuryanto.

Di tempat yang sama, Ketua Panitia Sunatan Massal, Anwar mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut serta dalam pelaksanaan sunatan massal.

“Kami selaku panitia mengucapkan ribuan terima kasih kepada masyarakat yang telah ikut serta membantu pelaksanaan sunatan masal, santunan anak yatim dan lansia. Dari acara ini semua berkat kerja sama warga masyarakat semoga ke depannya bisa dilaksanakan kembali,” ucap Anwar.

Polsek sangat mendukung kegiatan positif sunatan massal yang dilaksanakan warga, tetapi polisi tetap mengimbau agar masyarakat selalu hadir dalam pelaksaan ronda malam.

“Baiknya masyarakat selalu menghadiri ronda malam, sehingga keamanan dan kenyamanan lingkungan dapat terjaga dengan baik,” tandas AKP Wahidin.(Fid)

LEAVE A REPLY