Wabup Loekman Pesankan Ini Saat Hadiri Hari Amal Bakti Kemenag Lamteng 

0
278
Lamteng, Adik Kejagung,pemkab Lamteng
Loekman Djoyosoemarto menjenguk anak-anak peserta sunat masal

RUBRIK, LAMPUNG TENGAH – Hari Amal Bakti (HAB) Ke-72 Kementerian Agama (Kemenag) Lampung Tengah diisi dengan berbagai kegiatan, baik sosial maupun perlombaan. HAB Ke-72 ini bertema Tebarkan Kedamaian dan Bersih Melayani.

Wakil Bupati Lamteng Loekman Djoyosoemarto berharap, aparatur Kemenag bisa mengayomi bangsa dengan bimbingan agama yang berkualitas, memberikan pelayanan keagamaan, dan menjaga kerukunan hidup antarumat beragama.

“Peran Kemenag amat penting memberikan bimbingan dan pelayanan keagamaan serta menjaga kerukunan antarumat beragama di Lamteng,” katanya membacakan sambutan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dalam upacara peringatan HAB Ke-72, Rabu (3/1/2018).

Persoalan di masyarakat, kata Loekman, harus menjadi prioritas kerja dalam memenuhi harapan publik sehingga manfaatnya terasa optimal.

“Kemenag jangan dianggap mesin tua yang usang. Harus berinovasi. Kebutuhan dan kepentingan masyarakat harus diutamakan. Prinsip bersih dan melayani harus dijunjung tinggi,” ujarnya.

Dengan tema Tebarkan Kedamaian, kata Loekman, ini hakikatnya agama berfungsi menyemai dan menebar kedamaian.

“Kedamaian adalah pesan universal semua agama kepada umat manusia. Kedamaian adalah jalan menuju kesejahteraan dan kemajuan. Kepada seluruh aparatur sipil negara (ASN) Kemenag dan semua komponen umat beragama, mari menjadi Duta Penebar Kedamaian. Buktikan bahwa agama membawa kesejukan dan menenteramkan,” ajaknya.

Kepada seluruh jajaran ASN Kemenag, Loekman berpesan agar memaknai bekerja sebagai ibadah.

“Bekerjalah sebagai ibadah. Mari menjalankan pengabdian dengan amanah. Semakin tua usia harus semakin giat dan mendekati kesempurnaan melayani masyarakat. Bukannya tambah loyo. Peredaran narkoba dan ancaman radikalisme harus jadi perhatian bersama,” harap Loekman.

Kepala Kantor Kemenag Lamteng Jamalludin mengatakan, dalam peringatan HAB Ke-72 berharap Kemenag semakin baik lagi dalam melayani masyarakat, khususnya di bidang keagamaan.

“Ya, semakin baik lagi. Semakin dibutuhkan dan dirasakan masyarakat dalam segala hal. Terutama terkait urusan keagamaan,” katanya.

Pelayanan keagamaan itu, kata Jamalludin, di antaranya peningkatan urusan haji, pendidikan keagamaan, dan kerukunan antarumat beragama.

“Semoga kehadiran Kemenag dapat memenuhi harapan masyarakat dalam pelayanan keagamaan. Kemenag bisa meredam, menyejukkan, dan menciptakan kedamaian di lingkungan masyarakat, khususnya di Lamteng,” ujarnya.

Jamalludin juga berharap kerja sama dengan Pemkab Lamteng lebih baik lagi.

“Kita harap jalinan kerja sama dengan Pemkab Lamteng lebih baik lagi. Terutama dalam mencegah penyakit masyarakat, seperti peredaran narkoba, pencegahan radikalisme, dan kenakalan remaja. Juga dalam kegiatan sosial keagamaan. Jadi dalam peringatan HAB Ke-72 ini, kita akan berusaha meningkatkan pelayanan masyarakat di bidang sosial keagamaan,” ungkapnya.

Dalam HAB Ke-72, kata Jamalludin, Kemenag Lamteng mengadakan kegiatan bakti sosial dan perlombaan.

Perlombaan antara satker telah kita adakan dalam memperingati HAB Ke-72. Di antaranya bola voli, tenis meja, dan bulu tangkis.

Hari ini diadakan bakti sosial khitanan massal yang diikuti 72 anak dan lomba kreasi ayam penyet serta pemberian penghargaan Satyalencana Karyasatya yang telah mengabdi selama 10-30 tahun.

“Kita juga telah memberikan santun kepada kaum dhuafa dan anak yatim piatu sebanyak 72 orang,” pungkasnya.(*)

LEAVE A REPLY