Terjebak Lockdown, 1 Juta TKI di Malysia Terancam Kelaparan

0
1166
terjebak lockdown, TKI terancam kelaparan, Komnas HAM, perpanjangan Lockown
Sebanyak 1 juta TKI di Malaysia terjebak perpanjangan Lockdown di Malaysia dan terancam kelaparan/ sumber:bisnis.com

RUBRIK, JAKARTA- Sebanyak satu juta tenaga kerja (TKI) di Malaysia terancam kelaparan lantaran perpanjangan lockdown yang diterapkan guna menekan penyebaran virus corona di Negeri Jiran tersebut.

Disampaikan oleh Kania Rahma Nureda selaku Anggota tim Pengkajian dan Penelitian Covid-19 Komnas HAM yang mengatakan bahwa penyaluran sembako ke sejumlah TKI di Malaysia terhambat karena kebijakan lockdown yang diperpanjang. Mengutip CNN Indonesia, selain Malaysia, Komnas HAM  juga tengah memantau kehidupan WNI di Negara lainnya.

“Selain di Asia Tenggara kami juga mencatat di Timur Tengah TKI Banten makan tiga kali seminggu pakai nasi busuk,” ujarnya.

Kania juga menceritakan bahwa tidak hanya terancam kelaparan, beberapa WNI di Malaysia ada yang sehari-hari hidup dalam kamar kos yang berdesakan, kotor, dan sempit.

Selain itu, Kania juga memperkirakan bakal ada gelombang mudik oleh TKI selama Ramadan akibat Covid-19. Oleh karenanya, ia meminta pemerintah waspada terhadap situasi tersebut. Ia juga berharap bahwa pemerintah bisa segera menyiapkan protokol penanganan Covid-19 bagi WNI yang baru pulang dari luar negeri tersebut.

“Pemerintah perlu melakukan sosialisasi secara masif dan berkala untuk mematikan seluruh buruh migran yang bekerja di luar negeri ketika kembali ke tanah air,” katanya.(dw/us)

LEAVE A REPLY