‘Si Hijau Panjang’, Sayuran Terbaik Penyembuh Penderita Asam Urat

0
448
Ilustrasi asam urat. | Alodokter.com

Rubrikmedia.com, Lifestyle – Asam urat merupakan hasil akhir metabolisme normal purin. Purin adalah suatu turunan dari zat nucleoprotein, di mana salah satu komponen asam ada dalam inti sel tubuh.

Pada umumnya asam urat disebabkan oleh tingginya kadar asam dalam darah, kemudian menumpuk pada persendian yang menyebabkan menjadi bengkak serta nyeri. Bukan hanya bengkak dan nyeri sendi saja yang dapat di alami, tetapi asam urat menjadi ancaman ciri-ciri penyakit diabetes.

Pada dasarnya ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kadar asam urat dalam tubuh tetap normal, hanya saja kita yang ragu untuk menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu yang bisa dilakukan untuk mengurangi dan mengobati asam urat adalah, dengan mengkonsumsi sayur oyong.

Di Indonesia, sayur oyong memang kurang dikenal. Tetapi seiring perkembangan jaman sayur oyong sudah mulai dikenal oleh sebagian kalangan masyarakat Indonesia.

Berikut caranya:

  • Pilih oyong muda dan sediakan 3-4 buah oyong
  • Oyong dicuci hingga bersih kemudian potong-potong menjadi beberapa bagian
  • Kemudian blender sampai menjadi jus
  • Setelah itu, dapat menambahkan air serta gula secukupnya saat meminumnya
  • Minus ramuan oyong tersebut 2 kali dalam sehari

Meskipun kandungan vitamin zat besi dan kalium dalam sayur oyong baik bagi penderita asam urat. Namun, sayuran ini mengandung alpha-sitosterol yang sangat berbahaya untuk dikonsumsi ibu hamil. Oleh sebab itu, ibu hamil harus menghindari jenis sayuran ini. Sehingga tetap saja penderita asam urat perlu melakukan pengobatan yang tepat. (*)

LEAVE A REPLY