Seorang Guru Beri Hukuman Merokok Pada Murid KPAI Anggap Kurang Mendidik

0
225
Sejumlah Murid ketahuan merokok

RUBRIK, LAMTENG -Seorang guru SDN 1 Pamuruyan, Cibadak, Kabupaten Sukabumi menghukum 11 muridnya dengan cara memaksa siswa untuk merokok di hadapan para guru lain,  Sabtu (3/11).
Dikutip dari Sukabumiupdate.com, Hal tersebut dilakukan sang guru karena sebelas pelajar tersebut kedapatan merokok di lingkungan sekolah.

Menanggapi kejadian tersebut, Komisi Perlindubgan Anak Indonesia (KPAI) Kabupaten Sukabumi menilai bahwa hukuman yang diberikan kepada siswa SD yang rata rata duduk di lelas 2 ini tidak mendidik.

Ketua KPAI Sukabumi, Dian Yulianto mengatakan bahwa sanksi yang diberikan siswa yaitu memaksa merokok di hadapan guru memang tidak tepat dan dikhawatirkan akan berdampak pada psikologis anak.
Menurut Dian masih banyak hukuman yang bisa diberikan guna memberi efek jera kepada para siswa.

“Hukuman seperti ini kurang tepat, tidak mendidik. Apalagi kan ini siswa kelas 2, masih terlalu kecil. Mungkin juga si anak ini sering melihat orangtuanya merokok di rumah, bisa jadi karena anak itu peniru yang baik, atau karena lingkungan di sekitar,” kata Dian, Selasa (6/11).

“Kalau itu (hukuman merokok-red), justru cara yang mungkin bisa ditiru untuk anak lain. Sama seperti memberi contoh walaupun untuk memberikan efek jera tapi kan masih ada cara lain,” ungkapnya.(*)

LEAVE A REPLY