SBMI Akan Klarifikasi Data TKI Terkena HIV/AIDS Ke Diskes Lamtim

0
1067

RUBRIK, LAMPUNG TIMUR – Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) Lampung akan mengklarifikasi data yang menyebutkan sebanyak 120 TKI terjangkit HIV/Aids kepada Dinas Kesehatan Lampung Timur. Munculnya data tersebut membuat beban moral bagi keluarga yang ditinggalkan saudaranya menjadi TKI di luar negeri.

Ketua SBMI Lampung Bertisarofah mengatakan, pihaknya akan mendampingi ratusan keluarga TKI untuk mendatangi Dinas Kesehatan Lampung Timur dan anggota Komisi IV yang mengeluarkan pernyataan tersebut.

Menurut Berti, jika memang benar ada 120 warga Lamtim yang dinyatakan terjangkit AIDS, dirinya meyakini tidak semuanya TKI. “Saya akan datangi dan meminta data yang valid kepada Dinas Kesehatan Lamtim,” tegas Berti, Rabu (27/4/2016).

Berti mengatakan, dengan munculnya pemberitaan TKI banyak yang terjangkit AIDS tentu membuat warga yang saat ini ditinggalkan merasa cemas dan takut. “Dampaknya tentu di keluarga besar yang saudaranya menjadi TKI,” katanya.

Sementara itu AN warga Kecamatan Wayjepara, Lamtim, yang saat ini bekerja diluar negeri menjadi TKW di Taiwan saat di konfirmasi melalui BlackBerry Masangger mengaku meskipun di luar negeri yang identik dengan kehidupan metropolitan, namun mereka yang bekerja sebagai pembantu rumah tangga diatur sangat ketat.

“Artinya tidak semudah atau seenaknya keluar dari rumah majikan. Jadi jangan terlalu memandang TKI yang ada di luar negeri melakukan gaya hidup metropolitan,” ujar An yang sudah setahun berada di Taiwan itu.(*)

LEAVE A REPLY