Ribuan Santri dan Siswa Madrasah Rayakan Hari Santri di Pringsewu

0
911
Kirab Ribyan Santri Pondok Pesantren di Balai Kota Pringsewu

RUBRIK, PRINGSEWU – Ribuan santri yang berasal dari pondok pesantren serta madrasah atau sekolah Islam se-Kabupaten Pringsewu melakukan kirab santri dalam rangka Hari Santri Nasional 2016 di pusat kota Pringsewu, Sabtu (22/10/2016).

Acara kirab tersebut dihadiri Bupati Pringsewu Sujadi, Ketua MUI Kabupaten Pringsewu Hambali, para ulama NU, warga masyarakat, para pimpinan pondok pesantren serta santri, dan pelajar Madrasah se-Kabupaten Pringsewu.

Peringatan Hari Santri Nasional ini diawali dengan pembacaan ikrar santri Indonesia, dilanjutkan dengan kirab yang dimulai dari Pendopo Pringsewu menuju makam KH Golib Pringsewu. Di tempat itu dilakukan pembacaan sejarah singkat pejuang Pringsewu dan ulama besar Pringsewu, KH Gholib.

Bupati Pringsewu Sujadi mengatakan, 22 Oktober ini seluruh santri di Indonesia memperingati Hari Santri yang ke-2. Penetapan peringatan Hari Santri Nasional yang pertama dimulai pada 2015 lalu. Menurutnya, dengan peringatan ini maka para santri wajib untuk terus mempertahankan dengan mengisi kemerdekaan.

“Hari Santri Nusantara terus dikembangkan dengan berbagai kegiatan dan untuk hari santri nusantara ke 3 pada tahun 2017 yang akan datang akan di gelar lebih baik lagi, dengan dilombakan kirabnya mulai dari penampilannya, termasuk diadakannya pekan Hari Santri Nasional 2017,” ungkapnya.

Hari Nasional dalam rangka apresiasi terhadap peran para santri yang telah berjuang menegakkan NKRI ini. Sebelum kirab, para santri melakukan Pembacaan 1 Miliar Shalawat Nariyah secara serentak seluruh Indonesia pada Jumat (21/10/2016) malam.(*)

 

LEAVE A REPLY