PT Harpindo Mitra Kharisma Bayarkan Kompensasi Program Seismic di Lampung Tengah

0
810
Warga Terbanggibesar menerima Kompensasi dari PT.Harpindo

RUBRIK, LAMPUNG TENGAH – Setelah selesai melakukan kegiatan eksplorasi seismic di tujuh kecamatan di Lampung Tengah, PT Harpindo Mitra Kharisma (HMK) menyelesaikan kewajibannya kepada masyarakat di sejumlah tempat yang lahannya terlewati program seismic.

Di antaranya PT Harpindo memberikan kompensasi di Kecamatan Terbanggibesar, yakni di Kelurahan Bandarjaya Timur sebanyak 16 orang dan di Kampung Onoharjo sebanyak 22 orang.

Humas PT Harpindo Jhimi Agustian mengapresiasi masyarakat di Kecamatan Terbanggibesar, khususnya di Kelurahan Onoharjo karena telah bekerja sama dalam kegiatan seismic yang berjalan selama sekitar empat bulan terakhir.

Jhimi juga menjelaskan kemungkinan dalam waktu paling cepat enam bulan ke depan, PT Harpindo akan mendapatkan hasil dari pendataan yang telah dilakukan.

“Diperkirakan sekitar enam bulan ke depan kita akan mengetahui hasil pendataan dan pemantauan yang telah dilakukan. Selanjutnya dari hasil tersebut akan disimpulkan kebijakan berikutnya, apakah akan dilakukan eksploitasi minyak atau seperti apa,” jelas Jhimi.

Ia menambahkan, di Lampung Tengah sendiri telah dilakukan survei dan pendataan terhadap tujuh kecamatan, yaitu Terbanggibesar, Way Pengubuan, Seputih Mataram, Seputih Raman, Gunungsugih, Seputih Agung, dan Terusan Nunyai. Hingga saat ini kegiatan survei dan pendataan telah dilakukan sudah 90 persen.

Camat Terbanggibesar Supriyatno mengatakan, jika hasil seismic yang telah dilakukan menunjukkan bahwa terdapat kandungan minyak yang dapat dieksploitasi di Lampung Tengah, maka akan banyak manfaat yang akan didapat oleh masyarakat.

“Petugas telah melakukan survei dan mudah-mudahan di dalam bumi Lampung Tengah khususnya di Kecamatan Terbanggibesar ada potensi minyaknya yang dapat diekspoitasi dalam jangka waktu yang lama, sehingga akan memberikan manfaat positif kepada masyarakat yang tentunya akan dapat meningkatkan kesejahteraan warga,” katanya.

Ependi (35), salah satu warga yang peladangannya terlewati seismic mengatakan bahwa kompensasi yang telah diterimanya sesuai dengan harapan. Pemberian kompensasi, kata dia, berjalan secara transparan tanpa adanya potongan.

Ia sangat mendukung program pemerintah tersebut  bila mana ke depan lahannya terkena proyek migas karena semuanya demi kesejahteraan masyarakat.(*)

LEAVE A REPLY