Petani Lamtim Manfaatkan Burung Hantu Basmi Hama Tikus

0
1103
Petani Burung Hantu, Purbolinggo Lamtim, Info Lamtim, Lamtim
Tabah Santoso Petani Asal Purbolinggo Kabupaten Lampung Timur

Petani Desa Tegal Gondo, Kecamatan Purbolinggo, Lampung Timur memanfaatkan satwa liar jenis burung Tyto Alba (Burung Hantu) untuk membasmi hama tikus

Seperti Tabah Santoso petani  asal Desa Tegal Gondo, sengaja membuat rumah burung hantu (Rubuha) jenis Tyto Alba di area persawahan miliknya. Menurut petani asal Purbolinggo Lampung Timur ini, memanfatkan satwan Burung Hantu untuk mengusir hama tikus lumayan berhasil, pasalnya Burung Hantu akan memangsa tikus-tikus yang berkeliaran di area persawahan.

Timbul inisiatif menangani hama tikus dengan memanfaatkan keberadaan Burung Hantu ini sudah ia terapkan olenya sejak tahun 2016 silam , dan saat ini Santoso telah membuat sebanyak 92 rumah untuk burung Hantu di lokasi persawahan miliknya.

Baca Juga : Pasukan Koramil Turun Tangan Bersihkan Lokasi Pantai Kerang Mas Lamtim

Santoso mengatakan, semenjak dia  menerapkan metode Burung Hantu untuk menanggulangi hama tikus,  tidak serta merta langsung berhasil, butuh  kesabaran waktu tiga tahun untuk merasakan hasil  memelihara Burung Hantu dalam menjaga persawahanya dari serangan hama tikus.

“Sebelum tahun 2016 hama tikus tidak terkendali bahkan hasil panen sampai 0 persen, artinya gagal total, tapi mulai 2019 kami sudah bisa merasakan hasil panen maksimal setelah kami memanfaatkan Burung Hantu itu”.Terang Tabah.

Saat ini, kebrhasilan petani Desa Tegal Gondo dibawah binaan kelompok tani Usaha Maju dalam menerapkan Burung Hantu untuk mengendalikan hama tikus  menjadi rujukan kelompok tani dari berbagai daerah. (Red)

LEAVE A REPLY