Pertama di Indonesia, Satpol-PP dan Linmas Kabupaten Pali Diklat di Kavelari AD

0
411
Pali, Polisi Pamong Praja
Ratusan Pol-PP sedang mendapat pelatihan dari TNI AD

RUBRIK, PALI – Pendidikan dan pelatihan anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas) se-Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) ke Komando Pendidikan Polisi Militer (Kodikpom) dan Komando Pendidikan Kavareli (Kodikkav) TNI Angkatan Darat di Padalarang, Cimahi Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat dapat dijadikan contoh bagi daerah lain.

Pendidikan dan latihan (diklat) yang diikuti hampir 600 orang peserta baik dari anggota Satpol-PP dan Linmas menuai pujian dari Komandan Kavareli Kolonel Kav Rayen Obersi melalui wakilnya Letkol Kav Dwi Irbaya, pelatihan seperti ini sangat bermanfaat untuk mental dan disiplin suatu kesatuan.

“Kabupaten PALI Sumatera Selatan merupakan daerah yang perdana melatih pasukan Satpol-PP dan Linmasnya ke sini (Pusdikkav), tentunya pelatihan seperti ini sangat banyak manfaatnya, apalagi Linmas merupakan garda terdepan yang langsung bersentuhan dengan keamanan masyarakat. Tentunya kita berharap dapat menjadi motor keamanan di Kabupaten PALI,” kata Dwi Irbaya saat upacara pembukaan diklat Satpol-PP dan Linmas di lapangan upacara Kodikkav, Jumat (6/4/2018).

Menurut Dwi Irbaya, kegiatan ini sangat-sangat positif, di mana pada tahun lalu Tentara Nasional Indonesia (TNI) telah mencanangkan kegiatan bela negara, dan kegiatan ini dinilai sebagai tindak lanjut dengan inisiatif yang sangat bagus dari Kabupaten PALI.

“Selain menyiapkan kader bela negara, ini juga sebagai bentuk Pemerintah Kabupaten PALI mempersiapkan untuk menyambut tahun demokrasi yang akan dilaksanakan negara kita. Saya harap daerah lain dapat menuruti,” imbuhnya.

Selain itu, dirinya juga menjelaskan untuk menggembleng para siswa diklat ini, pihaknya pertama-tama akan melakukan pembentukan disiplin dan mental.

“Harapannya, mereka yang datang jauh-jauh dari Kabupaten PALI dapat menerapkan sifat disiplin dan memiliki mental yang kuat ketika pulang nanti, dan di lingkungan sosial mereka siap untuk mengajak masyarakat lainnya untuk membantu mendorong pekembangan dan kemajuan daerah,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati PALI Heri Amalindo yang diwakilkan oleh Kepala Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKSDM) Kabupaten PALI Yuhairudin, berharap agara seluruh peserta dapat mengikuti diklat di Pusdikkav ini dengan baik.

“Pertama kita sangat bangga dengan Kabupaten PALI karena menjadi yang perdana melakukan diklat Satpol-PP dan Linmasnya di kaverali TNI AD ini. Dan kami juga berharap agar para peserta baik dari Satpol-PP maupun Linmas dapat mengikuti dengan baik, agar dapat menerapkan hal baik apa saja di daerah masing-masing ketika pulang nanti,” ucapnya.

Di lokasi yang sama, Kepala Satpol-PP Kabupaten PALI, Manamin berpesan kepada seluruh anggotanya dan juga Linmas agar sungguh-sungguh dalam menjalankan diklat yang diberikan oleh anggota Kavareli TNI AD ini.

“Di Indonesia hanya Kabupaten PALI yang diklat Satpol-PP dan Linmasnya di Kaverali, tentunya ini menjadi kebanggan kita tersendiri. Saya berpesan kepada seluruh anggota Satpol-PP dan linmas agar benar-benar dalam mengikuti diklat ini, karena tidak mudah untuk dapat diklat di sini. Dan Kabupaten PALI yang merupakan kabupaten termuda di Sumsel mampu, maka kita harus menunjukkan keseriusan kita, baik itu dengan peningkatan karakter SDM seperti ini,” pungkas Manamin didampingi Kabid Kamtimas Zulkopli.(Purba)

LEAVE A REPLY