Pemkot Metro Gandeng Polda Lampung Gelar Sosialisasi Pencegahan Korupsi

0
1180
RUBRIK, METRO – Pemerintah Kota Metro bekerja sama dengan Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Lampung mengadakan sosialisasi tentang pencegahan tindak pidana korupsi (tipikor) dengan tema “Pencegahan Korupsi dalam rangka Menunjang Percepatan Pembangunan Daerah”, di Aula Pemkot Metro, Rabu (23/3/2016).

Dalam sambutannya, Walikota Metro Achmad Pairin mengatakan, forum ini merupakan suatu wadah untuk menambah pengetahuan guna membangun karakter bangsa yang bersih dari korupsi. Menurutnya ada 3 hal yang dapat dilakukan dalam pemberantasan korupsi yaitu Pencegahan, Pengawasan, dan Penindakan.
“Korupsi bukan masalah dari aparatur terkait saja, melainkan masalah bangsa yang merupakan tanggung jawab kita semua,” ungkap Achmad Pairin.
Pairin berharap para peserta bisa mengimplementasikan materi dan ilmu yang didapat dari kegiatan ini sebagai acuan dalam melaksanakan tugas kedinasan di satuan kerjanya masing-masing.
“Saya juga minta kepada seluruh SKPD di Lingkungan Pemerintah Kota Metro agar dapat menggelorakan semangat untuk bersama-sama melawan korupsi,” tutup Pairin.
Perwakilan dari Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Lampung Eka Mulyana menjelaskan, kehadirannya di Kota Metro ini yakni salah satunya atas dasar adanya program kerja.
“Kami akan terus berupaya mensosialisasikan kepada seluruh masyarakat dan kepada seluruh peserta sosialisasi yang hadir untuk mencegah tindak pidana korupsi sebagai kepedulian kami terhadap pelayanan masyarakat,”  kata Eka Mulyana.
Dalam penjelasannya, Eka mengartikan korupsi sebagai tindakan yang dilakukan pejabat publik, baik politisi maupun pegawai negeri, serta pihak lain yang terlibat dalam tindakan penyalahgunaan keuangan negara dan kepercayaan publik yang dimilikinya untuk mendapat keuntungan sepihak yang mengakibatkan kerugian negara.
Menurutnya, Ditreskrimsus Polda Lampung akan memusatkan kerugian negara tersebut sebagai hal yang utama dalam penyidikan.
Sosialisasi tersebut juga dihadiri Wakil Walikota Metro Djohan, Wakapolres Kota Metro Kompol Radius Utama, Para Staf Ahli Walikota Metro, Para Asisten Kota Metro, Kepala Satker di Lingkungan Pemerintah Kota Metro, Kepala RSUD A Yani Kota Metro, Camat dan Lurah se-Kota Metro, Kepala Sekolah dan Kejuruan se-Kota Metro, dan Kepala Puskes se-Kota metro.(*)

LEAVE A REPLY