Pemkab Lamtim Salurkan Bantuan Korban Sambaran Petir di Braja Selebah

0
451
Warga perbaiki rumah yang tersbar petir

RUBRIK, LAMPUNG TIMUR – Pemerintah Kabupaten Lampung Timur melalui Dinas Sosial turun tangan dalam memberikan bantuan kepada satu keluarga terdampak sambaran petir di Dusun V, Desa Braja Luhur, Kecamatan Braja Selebah, Kamis (11/1/2017).

Bantuan berupa perlengkapan makanan, tenda, selimut, peralatan sekolah beserta buku, beras dan bahan pembersih tersebut diberikan langsung oleh Dinas Sosial Kabupaten Lampung Timur melalui Kepala Desa Braja Luhur, Supratikno.

Kejadian bermula ketika hujan lebat, Rabu (10/1/2018) sekitar pukul 17.30 WIB. Petir menyambar atap rumah Poniman (52).

Kendati tidak sampai menimbulkan korban jiwa, namun kejadian tersebut selain menimbulkan trauma mendalam bagi Poniman sekeluarga juga menimbulkan kerugian materi akibat atap dan beberapa perabotan rumah yang rusak parah.

Saat memberikan bantuan tersebut, Supratikno mengatakan musibah ini memang tidak kita harapkan, tapi sudah terjadi.

Pihaknya pun terbuka apabila ada bantuan dari pihak manapun.

“Terlebih ini ada bantuan dari pemerintah daerah melalui dinas sosial bahkan diantarkan langsung. Saya selaku kepala desa mengucapkan terima kasih dan mudah-mudahan bantuan ini bermanfaat,” imbuh Kepala Desa Braja Luhur itu.

Terpisah, atas kejadian tersebut Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim menyampaikan keprihatinannya.

“Tentu prihatin, untuk itu seluruh warga diharapkan siapa pun, kapan pun selalu waspada dengan cuaca”.

“Dan ini bukan hanya terjadi di Indonesia, tetapi di luar negeri juga terjadi hal serupa. Badai salju di mana-mana termasuk di kawasan Asia pun cuaca tidak menentu. Jadi semua warga harus selalu siap,” jelas bupati perempuan pertama di Provinsi Lampung itu.

“Kita juga dari pemerintah daerah selalu siaga, selain badan penanggulangan bencana daerah (BPBD), dinas sosial juga saya minta selalu siaga termasuk dengan Buffer Stock (persediaan cadangan dalam hal ini untuk bantuan sosial),” imbuh orang nomor satu di Lampung Timur itu.

Berdasarkan hasil pantauan terakhir di lokasi, kondisi rumah Poniman di beberapa sudut yang rusak telah selesai diperbaiki berkat kesigapan warga dengan bergotong royong yang diprakarsai oleh Supratikno bersama aparat desanya.(*)

LEAVE A REPLY