Partai Solidaritas Indonesia Penuhi Kuota 30 Persen Pengurus Perempuan

0
579
PSI
Kopdarwil Partai Solidaritas Indonesia

RUBRIK, BANDAR LAMPUNG – Keterwakilan kaum perempuan di partai politik tentu dapat diharapkan keterlibatannya. Terbukti, dalam satu setengah dekade terakhir keterlibatan kaum perempuan di dunia politik Indonesia cukup diperhitungkan kiprahnya.

Saat ini sudah tak jarang kaum hawa menjadi pemimpin di suatu daerah seperti Bupati/Walikota, Gubernur bahkan sampai presiden.

Maka, Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai lembaga resmi penyelenggara Pemilu dan Pileg mewajibkan setiap parpol memiliki 30 persen kuota kaum perempuan.

Hal ini tentunya sudah dijalankan oleh seluruh parpol lama semisal PDIP, Gerindra, Golkar hingga PKS. Bagaimana dengan parpol pendatang baru?

Sebagai contoh Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Saat diwawancarai di kantor DPW PSI Lampung, Ketua DPW PSI Lampung Benny Arifin mengatakan, saat ini pihaknya terus menjaring calon kader terutama dari kaum perempuan.

Namun, saat ini pihaknya dapat bernafas lega, sebab kuota kaum perempuan di partainya melampaui target yang diberikan KPU, yakni sudah mencapai 30 persen lebih. Hal ini juga dialami PSI di daerah.

“Target kita kepengurusan partai, ada 40 persen dari kaum perempuan. Saat ini kita tengah melengkapi kepengurusan wanita di tingkat DPD kabupaten/kota,” jelas Benny didampingi Sekretaris DPW Febri.

Namun, pihaknya juga mengakui tengah dilanda kendala kecil, yakni belum terbentuknya kepengurusan di Kabupaten Way Kanan. Padahal sesuai syarat untuk mengikuti pemilu, diwajibkan suatu parpol memiliki kepengurusan di seluruh kabupaten/kota suatu provinsi.

“Untuk Way Kanan, kami sedang memfilter beberapa calon ketua dan pengurus inti partai. Sebab kami harus selektif menentukan ketua DPD-nya,” jelas Benny.

Pihaknya juga membantah kabar jika pergerakan PSI ini terlihat masih santai, alias belum ada gerakan. Padahal, kepengurusan PSI di Lampung sudah merambah sampai pelosok Lampung.

Ditambah dengan isu bubarnya kepengurusan PSI di empat kabupaten yakni Tanggamus, Tulangbawang, Pesawaran, dan Pringsewu.

“Kemarin siang kami rapat dengan DPD Tanggamus dan Pringsewu, kami masih kompak. Tulangbawang dan Pesawaran masih solid,” terangnya sambil menegaskan jika pihaknya optimistis​ dapat lolos menjadi salah satu peserta pemilu 2019 mendatang.(*)

LEAVE A REPLY