Pairin Sindir Masyarakat Perokok di Acara Musrenbangkes Kota Metro

0
600

RUBRIK, METRO – Pemerintah Kota Metro menyelenggarakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kesehatan (Musrenbangkes) di Gedung Wanita, Selasa (15/3/2016). Jajaran aparatur dari lima kecamatan, 22 kelurahan, 157 posyandu, serta puskesmas rawat inap dan puskesmas pembantu dilibatkan dalam acara itu.

Kegiatan ini dihadiri oleh Walikota Metro Achmad Pairin, Wakil Walikota Metro Djohan, Ketua DPRD Kota Metro Anna Morinda, Asisten I Masnuni, Kepala Dinas Kesehatan Kota Metro Maryati, Kepala Bappeda Kota Metro Arif Joko Arwoko, Camat dan Lurah, serta sejumlah masyarakat.

Dalam laporannya, Kepala Dinas Kesehatan Kota Metro Maryati mengatakan, Musrenbangkes ini diadakan rutin setiap tahun untuk meningkatkan kesadaran, kemuan dan kemampuan untuk hidup sehat, serta untuk menyerap aspirasi dari seluruh masyarakat dan jajaran kesehatan Kota Metro.

Dalam kesempatan ini juga Maryati mengharapakan masukan dan arahan dari walikota dan wakil walikota untuk merencankan program kesehatan yang dapat berjalan lebih baik dari tahun sebelumnya.

“Saya mengharapkan agar aspirasi yang merupakan tujuan dari musrenbangkes ini benar-benar dari masyarakat dan untuk masyarakat. Semua tidak lain agar dapat memecahkan persoalan-persoalan ¬†yang ada di masyarakat. Prioritas kami adalah menurunkan angka kematian dan meningkatkan umur angka hidup, karena sebagaimana kita ketahui bahwa Kota Metro merupakan kota dengan umur angka hidup tertinggi di Indonesia. Ini harus dipertahankan,” kata Maryati.

Walikota Metro Achmad Pairin mengatakan, musrenbangkes adalah rencana pembangunan yang disusun berdasarkan aspirasi dari masyarakat, yaitu membangun Kota Metro sebagai Kota Pendidikan dan kota yang sehat. Pairin menambahkan, musrenbang yang dilakukan dari masing-masing dinas akan lebih bagus sebelum dilakukannya musrenbang tingkat kota.

“Saya mengharapkan musrenbangkes tahun 2016 ini dapat menghasilkan formula dan rumusan baru dalam pembangunan Kota Metro, khususnya di bidang kesehatan untuk lima tahun ke depan yang lebih baik lagi. Salah satu upaya untuk mendukung musrenbangkes yaitu dengan adanya kerja sama masyarakat untuk menumbuhkan kesadaran diri untuk tidak merokok,” sindir Pairin.(Kominfo Metro)

LEAVE A REPLY