Menjelang Akhir Tahun, PT Sungai Budi Group Kembali Naikkan Harga Singkong

0
2221
Pabrik Singkong PT.BSS

RUBRIK, LAMPUNG TENGAH – Kabar gembira menyambangi para petani singkong di Kabupaten Lampung menjelang akhir tahun 2016 ini. PT Budi Strach And Sweetener (PT BSS) yang tergabung dalam Sungai Budi Group yang berada di Kampung Terbanggibesar, Kabupaten Lampung Tengah kembali menaikkan harga singkong.

Pihak perusahaan tapioka tersebut menambah nilai beli singkong yang semula Rp 700 per kilogram menjadi Rp 750 / kilogram. Ada kemungkinan harga tersebut akan terus mengalami kenaikan di tahun depan.

Pimpinan PT BSS Sungai Budi Group, Untung Wijaya yang sering dipanggil Ahin mengatakan, kenaikan ini sudah dimulai sejak 26 Desember 2016 lalu. “Kami berharap dengan kebijakan ini para petani lebih memperhatikan kualitas dari singkong yang akan dijual agar potongan tidak terlalu besar,” ujarnya, Kamis (29/12/2016).

Menurut Ahin, setiap harinya PT Sungai Budi menerima setoran singkong sebanyak 700 ton. Dia mengatakan, kebijakan untuk menaikan harga ini merupakan langkah perusahaan demi mendukung kebijakan pemerintah untuk mensejahterakan masyarakat.

Pihaknya meminta para petani untuk memperhatikan kualitas singkongnya, seperti umur panen singkong, jangan sampai ada tonggol yang dimasukkan dan juga tidak terlalu banyak tanah yang melekat pada singkong karena akan berpengaruh pada potongan prepaksinya dan juga kadar patinya.

Ahin menambahkan, saat ini potongan yang diberikan oleh pabrik antara 18-25 persen per kilogram. Ini dikarenakan seringnya hujan yang terjadi di Kabupaten Lampung Tengah, yang mengakibatkan tingginya kadar air yang ada di singkong yang akan dijual oleh para petani.

Kebijakan PT Sungai Budi Group menaikkan harga disambut senang oleh petani singkong, seperti yang disampaikan Sofyan Ali yang ditemui saat hendak menjual hasil singkong.

“Berterima kasih atas kebijakan pabrik kenaikan harga singkong, karena saat ini harga kebutuhan semua naik dan ini sangat diharapkan demi kemakmuran petani singkong. Saat ini baru PT Sungai Budi saja yang mau menaikkan harga singkong,” ujarnya.

PT Sungai Group merupakan salah satu perusahaan tapioka terbesar di Lampung Tengah. Perusahaan ini memiliki enam pabrik penghasil tapioka yang tersebar di Terbanggibesar, Terusan Nunyai, Buyut, Rumbia, Gunung Batin, dan SP 7.(ddy)

LEAVE A REPLY