Mendikbud Beri Keringanan UKT Bagi Mahasiswa Terdampak Covid-19

0
1049
Kemendikbud Nadiem Anwar Makarim, kebijakan keringanan UKT untuk mahasiswa terdampak Covid-19, Permendikbud Nomor 25 Tahun 2020, Menteri Nadiemberi apresiasi pada PTN yang beri keringanan UKT
Menteri Nadiem Anwar Makarim keluarkan kebijakan keringan Uang Kuliah Tunggal (UKT) bagi mahasiswa terdampak Covid-19 / sumber : bekasi.pikiran-rakyat.com

RUBRIK, JAKARTA – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim ahirnya mengeluarkan kebijakan bagi para mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri terdampak Covid-19 dengan memberikan keringanan Uang Kuliah Tinggal (UKT).

Program peringanan biaya UKT yang tertuang dalam Peraturan  Mendikbud (Permendikbud) Nomor 25 Tahun 2020 tersebut diberikan dengan beragam cara, salah satunya dengan menyesuaikan kemampuan kondisi perekonomian mahasiswa PTN yang mengalami kendala financial akibat pandemi Covid-19.

Mengutip Suara.com Nadiem menjelaskan bahwa dengan kebijakan tersebut mahasiswa dapat menyicil dan bahkan bisa menunda pembayaran UKT dengan janga waktu yang disesuaikan. Besaran UKT juga bisa diringankan agar tidak memberatkan perekonomian mahasiswa di tengah pandemi virus Corona ini.

“Bisa juga ada fleksibilitas pemberian beasiswa, dan juga bantuan infrastruktur dalam arti jaringan internet, pulsa dan lain-lain,” kata Nadiem, Jumat (19/6/2020).

Nadiem menambahkan bahwa saat ini sudah ada beberapa PTN yang mulai menerapkan kebijakan pengurangan biaya kuliah para mahsiswa. Contohnya Universitas Gajah Mada (UGM), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas 11 Maret, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Negeri Semarang dan UNiversitas Negeri Gorontalo.

Ia menyebutkan bahwa ia memberikan kebebasan bagi masing-masing universitas dalam menentukan tingkat keringanan yang akan diberikan pada mahasiswa. Menurutnya dengan adanya Permendikbud tersebut, maka kini PTN bisa mengatur regulasi pemberian keringanan UKT tersebut.

Nadiem juga mengapresiasikan kepada  PTN yang sudah menerapkan kebijakan yang diturunkan oleh Kemendikbud dalam upaya meringankan perekonomian mahasiswa terdampak Coviid-19. Ia pun berharap apa yang sudah dilakukan oleh PTN-PTN tersebut dapat dialkukan oleh PTN lainnya.

“Saya apresiasi sebesar-besarnya para rector telah melakukan berbagai macam contoh peringanan UKT, baik dari sisi cicilan, ada yang memberikan keringanan, ada yang memberikan subsisi internet, dan lain-lain,” ujar Nadiem. (dw/us)

LEAVE A REPLY