Mei BPS Lamtim Lakukan Sensus Ekonomi Serentak

1
1916

RUBRIK, LAMPUNG TIMUR – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Lampung Timur (Lamtim) akan melakukan sensus ekonomi secara serentak pada awal Mei 2016 mendatang.

Kasi Stastistik Distribusi Lusi mewakili Kepala BPS Lamtim Anwar mengatakan, ada sekitar 1.373 blok dan jumlah usaha di Lamtim yang akan disensus ekonomi.

“Sensus ekonomi yang dilakukan  guna mengumpulkan dan menyajikan  data seluruh kegiatan ekonomi, dengan tujuan untuk mengetahui kondisi perekonomian lebih detail dan mendapatkan informasi perekonomian yang ada di setiap daerah,” ujar Lusi di ruang kerjanya, Rabu(19/1/2016).

Dia melanjutkan, sensus ekonomi yang dilakukan oleh BPS pada tahun ini berbeda dengan sensus pada tahun sebelumnya. Bila tahun lalu sensus dilakukan dari semua data maka tahun ini pendataan hanya pada bidang ekonomi saja.

Dia mengatakan, sementara ini, personel dan tenaga sensus BPS yang akan terjun ke lapangan masih dalam tahap pembelajaran hingga saat ini. “Sebelum kegiatan sensus dilaksanakan, para tenaga sensus akan dilatih agar lebih mengerti dan memahami tugasnya,” paparnya.

Lusi menyatakan, semua kegiatan usaha baik yang formal maupun informal akan didata, baik itu omzet, aset, prospek bisnis, maupun kendala usahanya. Adapun pendataan sensus akan dilakukan oleh tenaga sensus yang sudah direkrut dan sudah dilatih oleh BPS.
Ia juga berharap perusahaan yang ada di Kabupaten Lamtim bisa mendukung guna menyukseskan    sensus ekomoni pada tahun ini.(*)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY