Maknai Idul Adha 1439 H PWI Metro Bagikan Daging Kambing

0
372
PWI Kota Metro, PWI Metro Kurban Kambing, Portal Berita Lampung
Proses Pemotongan Hewan Kurban di Sekretariat PWI Metro

RUBRIK, METRO – Di Hari Raya Idul Adha 1439 Hijriyah, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Metro berkorban tiga ekor Hewan Kambing. Daging Hewan Kurban langsung  dibagikan kepada anggota PWI  dan warga sekitar yang membutuhkan.

Ketua PWI Metro Abdul Wahab mengatakan, pemotongan Hewan Kurban sebagai bentuk keimanan dan ke taqwa’an PWI Kota Metro dalam menjalankan Ibadah Kurban pada Idul Adha tahun ini. Selain itu, kurban juga merupakan syariat agama umat muslim, dimana umat islam mengorbankan hewan yang menjadi sebagian hartanya untuk kegiatan berbagi kepada sesama.

“Menurut pandangan para Ulama, Kurban memiliki dimensi ibadah-spiritual dan juga memiliki makna dimensi sosial. Hakikat qurban Idul adha adalah bahwa kita harus kembali kepada tujuan hidup, yaitu beribadah kepada Allah. Karena manusia dan jin tidaklah diciptakan kecuali untuk beribadah,” paparnya.

Ia menambahkan, sebagaimana ujian Allah kepada Nabi Ibrahim, hikmah dari segala peistiwa qurban tidak lain tidak bukan adalah untuk memperoleh ridho Allah melalui ibadah dengan menjalankan apa yang menjadi perintah Allah SWT. Namun tidak sekadar ibadah, umat muslim harus ikhlas dalam menjalankan setiap perintah Allah.

“Kalau tidak, apa yang kita kerjakan dan menurut kita ibadah, itu menjadi sia-sia karena tidak dilakukan dengan ikhlas. Inilah hakikat dari peristiwa qurban dalam Idul Adha. Sebagaimana arti kata qurban yang bermakna qarib atau dekat kepada Allah, maka hakikat qurban adalah mendekatkan diri kepada Allah dengan menjalankan segala perintah dan menjauhi larangan-Nya,” imbuhnya.

Karena itu, makna qurban dalam pengertian Islam adalah bentuk pendekatan diri kepada Allah melalui hewan ternak yang dikurbankan atau disembelih. Dengan begitu, kita merelakan sebagian harta yang sebetulnya milik Allah untuk orang lain.

“Ini menjadi bagian dari ketaatan kita kepada Allah. Saya berharap kepada anggota PWI untuk dapat meningkatkan kesadaran dalam berqurban dan  Kegiatan semacam ini dapat digelar setiap tahun. Kalau tahun ini jumlah kambing yang disembelih hanya 3 ekor, tahun depan diharapkan jumlahnya bertambah,” tutupnya. (rls)

LEAVE A REPLY