Kemendag Temukan Mesin BBM Dua SPBU Bandung lakukan Kecurangan

0
418
Portal Berita Online Lampung, Media Lampung, SPBU Curang,Berita Bandung
Dirjen Perlindungan Konsumen dan Tata Tertib Niaga Kemendag dan Direktorat Metrologi lakukan sidak di SPBU Bandung pada Jumat, 19/10/2018.Sumber : kemendag.go.id

RUBRIK, BANDUNG – Dirjen Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kemendag dan Direktorat Metrologi melakulan sidak di dua SPBU di Jalan Ibrahim Adjie dan Jalan L.LRE Martadinata, Kota Bandung pada Jumat 19 Oktober 2019.

Dari hasil sidak tersebut, Dirjen Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kemendag Veri Anggrijono Sutiarto menemukan alat tambahan di dalam mesin pompa bensin yang saat digunakan untuk mengisi ternyata tidak sesuai dengan ketentuan di SPBU Jalan Ibrahim Adjie.

“Salah satu (SPBU) di sini melakukan kecurangan. Ambang kesalahan yang berlaku yaitu 0,5 persen (100 mililiter) dari setiap 20 liter yang dikeluarkan. Ini hampir 2 kali lipat dari batas toleransi yang berikan,” katanya di sela pemeriksaan.

Melansir Merdeka.com, Hal serupa juga terjadi di SPBU di Jalan L.L.RE Martadina. Salah satu mesin dengan tambahan pompa ukur tambahan kemabali ditemukan petugas bahkan pengurangan meteran melebihi ambang batas toleransi.

“Dua mesin yang kami temukan itu termasuk yang lama,” tutur Veri.

Akibatnya, dua mesin pengisi bahan bakar minyak (BBM) yang terindikasi melakukan kecurangan di segel oleh petugas sidak. Meskipun disegel, kegiatan operasional SPBU tetap berjalan secara keseluruhan. Namun penemuan atas kecurangan tersebut akan terus dikembangkan sesuai dengan Undang-Undang yang berlaku.

Dalam hal ini, SPBU melakukan pelanggaran yang tertera dalam Pasal 32 ayat (1) jo. Pasal 27 ayat (1) dan (2) jo. Pasal 25 huruf b Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1981 tentang Metrologi Legal.

“Kasus ini dimungkinkan untuk ditindaklanjuti ke proses penyidikan,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY