Kapolda Jawa Barat Tanggapi Santai Tudingan Kafir karena Menyembah Patung

0
674
Photo: Indowarta.com

RUBRIK, BANDUNG – Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Anton Chariyan disebut-sebut kafir lantaran fotonya yang sedang menyembah batu di Gunung Padang beredar di media sosial.

Dikutip dari detik.com, dalam foto tersebut terlihat ia memakai seragam dan ikat kepala khas Sunda serta disaksikan sejumlah orang. Ia juga menangkupkan tangan di dada seolah-olah sedang menyembah batu.

Foto Anton ini mengundang berbagai persepsi para netizen termasuk menyangkut kafir.

“Baru kemarin ke Gunung Padang sudah dikatakan kafir. Padahal yang bisa ngafirkeun (mengkafirkan) manusia hanya Allah,” kata Anton menanggapi soal foto yang beredar di media sosial.

Pernyataan Anton ini ia sampaikan di hadapan ribuan anggota padepokan Pajajaran di kampung Adawarna, Sirnajaya, Kecamatan Sukoraja, Tasikmalaya, Senin (30/1/2017).

Meski Anton tidak menjelaskan untuk siapa ia ucapkan salamnya dan kapan momen itu terjadi, dengan santai Anton tetap menjelaskan alasannya menyembah patung.

“Urang (orang) Sunda mah biasa mengucapkan salam dengan menaruh tangan di dada. Budaya seperti ini jangan sampai dilupakan,” kata Anton santai.(*)

LEAVE A REPLY