Jelang Pilgub Lampung 2018, Ini Harapan Masyarakat dan Tokoh-tokoh Lampung

0
1931
Gubernur, Lampung, Mustafa
Plang Mustafa Cagub Lampung

RUBRIK, LAMPUNG TENGAH – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tanggal  pencoblosan pilkada serentak 2018 yaitu pada 27 Juni 2018. Rencananya, ada 171 daerah yang mengikuti Pilkada 2018 dan tahapannya akan dimulai 10 bulan sebelum hari pencoblosan, atau Agustus 2017.

Dari beberapa nama tokoh yang digadang-gadang akan maju dalam pencalonan gubernur dan wakil gubernur Lampung periode mendatang salah satunya adalah Mustafa yang saat ini masih menjabat sebagai bupati Lampung Tengah.

Majunya orang nomor satu di Lampung Tengah ini dalam perebutan kursi nomor satu di Provinsi Lampung mendapat dukungan positif dari masyarakat, namun ada pula yang menilai belum saatnya bagi Mustafa untuk memimpin Provinsi Lampung.

Sumarsono, tokoh masyarakat yang juga anggota DPRD Lampung Tengah mengatakan, sudah ada beberapa nama tokoh yang muncul menjelang Pilkada 2018 mendatang, tapi siapapun yang menjadi pemimpin harus menjadikan rakyat sebagai subyek bukan sebagai obyek.

“Banyak nama yang bermunculan dalam perebutan kursi nomor satu di Lampung, seperti Herman HN (Walikota Bandar Lampung), M Ridho Ficardo (gubernur Lampung 2013-2018), Alzier Dianis Thabranie (kader Golkar) dan Mustafa (bupati Lampung Tengah). Dari nama-nama tokoh tersebut, siapapun nantinya yang mencalonkan diri untuk memimpin Lampung harus menjadikan rakyat sebagai subyek bukan sebagai obyek, harus mengurus rakyat dengan hati, ketulusan dan keikhlasan,” harap Sumarsono.

Ia menambahkan, dari sekian nama yang muncul menurutnya ada salah nama yang ke depan mampu memimpin Lampung karena energik dalam  kepemimpinannya, pro rakyat, serta mampu menyapa masyarakatnya, tahu kondisi di daerahnya, dan mampu mencarikan solusi pada saat ada permasalahan dan bagaimana caranya untuk mecapai kesejahteraan.

“Pemimpin Lampung ke depan harus mampu mengembangkan dan memanfaatkan potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia yang dimiliki. Pemimpin Lampung ke depan harus dapat memimpin dengan ikhlas dan melayani masyarakat  bukan meminta dilayani serta mendengarkan keluhan masyarakat dengan ketulusan,” imbuh wakil rakyat Lampung Tengah ini.

Sementara itu, menurut Pedro, warga Kelurahan Yukum Jaya, Kecamatan Terbanggibesar yang berprofesi sebagai pedagang kaki lima mengatakan bahwa dirinya akan mendukung calon dari Lampung Tengah dan mengharapkan ke depan ekonomi lebih maju serta keamanan lebih ditingkatkan.

“Saya mengharapkan pemimpin Lampung ke depannya lebih baik lagi dan lebih memperhatikan masyarakat yang kurang mampu di Lampung Tengah. Saat ini kriteria tersebut ada pada Mustafa. Oleh karena itu sebagai warga Lampung Tengah kita akan memberikan dukungan kepada Mustafa untuk maju dalam pemilihan gubernur tahun 2018 mendatang,” ungkap Pedro.

Berbeda apa yang disampaikan oleh Asrodin, pedagang di Pasar Bandarjaya Plaza. Ia menilai bahwa sosok yang mampu memimpin Lampung yaitu Herman HN, karena pengalaman kepemimpinan​ yang banyak dan yakin akan membawa Provinsi Lampung ke arah yang lebih baik.

“Masyarakat ingin perubahan Lampung yang lebih maju, jalan yang bagus dan ekonomi lebih meningkat lagi. Oleh karena itu Herman HN sangat cocok untuk duduk di kursi no 1 Lampung dan saya menilai Mustafa belum waktunya untuk memimpin Provinsi Lampung, karena pengalamannya masih kurang. Untuk itu saya berharap agar beliau lebih fokus untuk memajukan Lampung Tengah,” ujar Asrodin.

Doni, pemilik bengkel sepeda motor di Bandarjaya mengatakan, jika mustafa akan mencalonkan diri sebagai gubernur Lampung ia siap memberikan dukungannya karena kinerjanya dinilai sudah banyak perubahan.

“Kinerja Mustafa sangat bagus, seperti penerangan jalan dan keamanan lebih meningkat. Untuk itu saya berharap kedepan jika menjadi gubernur Lampung keamanan dapat lebih ditingkatkan, karena jika keamanan lebih meningkat maka kesejahteraan masyarakat akan lebih baik,” ungkap Doni.

Sementara itu Sekjen DPD NasDem Lampung Tengah Paryono menyatakan bahwa di tingkat DPD, DPC dan Ranting Partai NasDem Kabupaten  Lampung Tengah mendukung sepenuhnya terhadap majunya Mustafa dalam Pilgub Lampung untuk periode 2018-2023.

“Kami sepenuhnya mendukung Mustafa untuk menjadi Gubernur Lampung, dukungan yang diberikan tentunya berdasarkan atas kinerja yang dapat dilihat oleh semua masyarakat di Lampung Tengah dan program-program kerja yang nyata di tengah masyarakat seperti perekonomian yang membaik,

LEAVE A REPLY