Ini Pesan Walikota dan Kapolres Metro Saat Apel Kebhinekaan Cinta Damai

0
506
Walikota Metro Pairin dan Kapolres Metro AKBP. Ruli Muskitta.

RUBRIK, METRO – Walikota Metro Achmad Pairin memimpin Apel Besar Kebhinekaan Cinta Damai Wilayah Kota Metro, yang berlangsung di Lapangan Samber, Rabu (16/11/2016).

Hadir dalam acara tersebut Wakil Walikota Metro Djohan, Unsur Fokorpimda Kota Metro, Kepala Kementerian Agama Kota Metro, Kepala Satker di Lingkungan Pemkot Metro, Camat dan Lurah se-Kota Metro, Para Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat, Ketua Organisasi Agama, Forum Pemuda Lintas Agama, serta Pimpinan Ormas se-Kota Metro.

Pelaksanaan apel yang serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia tersebut adalah untuk mempertahankan ideologi negara dan untuk mengingatkan bahwa Indonesia adalah sebuah negara yang terdiri dari berbagai suku, agama, dan budaya. Gerakan ini juga merupakan langkah awal dalam menjaga Kebhinekaan dan Persaudaraan Lintas Umat Beragama khususnya di Kota Metro.

Walikota Metro Pairin dalam amanatnya menyampaikan, kegiatan tersebut diharapkan dapat lebih mempererat kerukunan antarumat beragama yang selama ini telah terjaga dengan baik, serta diharapkan dapat terus menerus memperkuat kerukunan antarumat beragama, khususnya di Kota Metro.

“Saya harap kepada seluruh masyarakat dan stakeholder, agar senantiasa membangun semangat persatuan dan kesatuan bangsa, setia kepada NKRI dengan berpedoman pada Pancasila dan UUD 1945, menjaga kerukunan antarumat beragama, dan menanamkan rasa cinta damai dan patuh hukum demi terciptanya hubungan antar warga masyarakat yang harmonis, sejahtera dan aman,” ucap Pairin.

Kapolres Kota Metro AKBP Rali Muskitta menjelaskan bahwa di Kota Metro memiliki berbagai ragam suku, bahasa dan agama. Oleh karena itu, ia mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk terus merekatkan kerukunan dari berbagai keanekaragaman yang ada khususnya di wilayah Kota Metro, serta dapat terus menjunjung tinggi Bhineka Tunggal Ika.

“Di wilayah Kota Metro untuk tingkat kepedulian dan kesadaran atas Kebhinekaan ini sudah cukup tinggi, namun kita harus tetap selalu menjaga keutuhan bersama dan kerukunan antarumat beragama demi terciptanya lingkungan masyarakat yang harmonis, aman dan sejahtera,” ungkapnya.

Dalam kesempatan ini pula, dilaksanakannya penandatanganan Deklarasi Kemerdekaan Cinta Damai Kota Metro, serta pertunjukan seni hiburan Reog Ponorogo “Mudho Manggolo Sakti” dari Kelurahan Rejomulyo Metro Selatan.(*)

LEAVE A REPLY